Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Triputra Agro Persada Tbk. Foto: IST

PT Triputra Agro Persada Tbk. Foto: IST

Triputra Agro Resmikan Pabrik Kelapa Sawit Baru di Kalteng

Rabu, 8 Desember 2021 | 09:35 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - PT Triputra Agro Persada Tbk (Perseroan) meresmikan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) baru sebagai upaya meningkatkan kapasitas produksi Crude Palm Oil (CPO) melalui salah satu anak usahanya.

PKS tersebut mempunyai kapasitas olah sebanyak 45 ton/jam dan berlokasi di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Dengan tambahan 1 PKS baru ini, maka Perseroan memiliki 17 unit PKS dengan total kapasitas olah sebanyak 950 ton/jam. Acara peresmian dilakukan pada 5 Desember 2021.

Direktur Triputra Agro Persada Tbk, George Oetomo mengatakan pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan produksi dan penjualan dari tahun sebelumnya. Dengan tambahan PKS baru ini dapat meningkatkan produksi CPO dan Palm Kernel dan menambah peluang kerjasama dengan para petani kelapa sawit di sekitar konsesi anak usaha perseroan.

Dengan bertambahnya umur tanaman kelapa sawit dan peningkatan produksinya maka perseroan perlu menambah kapasitas olah dari PKS yang ada. Saat ini melalui anak usahanya, Perseroan  sedang membangun 1 PKS dengan kapasitas 30 ton/jam di Kalimantan Timur dan 1 Kernel Crushing Plant (KCP) dengan kapasitas olah 300 ton/hari yang dilengkapi dengan  Biogas Plant di Kalimantan Tengah.

“Acara peresmian PKS dilangsungkan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat,” ujar dia kepada Investor Daily, di Jakarta, Rabu (8/12).

PT Triputra Agro Persada Tbk (Perseroan) berdiri pada tahun 2005 yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit dan karet serta industri pengolahan kelapa sawit melalui perusahaan anak dan perusahaan asosiasinya.

Perseroan telah beroperasi di 24 lokasi perkebunan kelapa sawit dan 1 perkebunan karet dan mempunyai 17 pabrik kelapa sawit, 1 pabrik Ribbed Smoke Sheet (RSS) dan 4 kantor cabang perusahaan yang berlokasi di Jambi, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Sampai kuartal ketiga tahun 2021, PT Triputra Agro Persada mencatatkan laba bersih sebesar Rp 736 miliar. Angka ini melonjak sebesar 201% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2020 yaitu sebesar Rp 244 miliar.
Kenaikan ini disebabkan oleh produktivitas dna harga jual yang cukup tinggi, efisiensi biaya dan penurunan biaya keuangan.

Sementara itu, beban pokok penjualan naik 20,7% dari sebelumnya sebesar Rp 2.824 miliar menjadi Rp 3.408 miliar, hal ini karena peningkatan nilai pembelian Tandan Buah Segar (TBS) dari pihak luar, sementara biaya produksi TBS inti lebih efisien dibandingkan tahun lalu.   

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN