Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

5 Juta Ha Lahan Gambut Bisa untuk Sawit

Selasa, 19 Agustus 2014 | 11:01 WIB
Oleh Alina Musta’idah (redaksi@investor.id)

JAKARTA – Kalangan pelaku usaha meyakini subsektor perkebunan sawit nasional masih berpeluang melakukan ekspansi hingga seluas 5 juta hektare (ha), namun itu dilakukan di atas lahan gambut. Hanya saja, selain membutuhkan investasi yang lebih tinggi ketimbang di lahan mineral, ekspansi perkebunan sawit di lahan gambut membutuhkan kepastian hukum.

Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Tungkot Sipayung mengatakan, investasi di lahan gambut 1,5 kali lipat lebih besar dibanding tanah mineral. Jika di lahan mineral, investasi perkebunan sawit hanya Rp 50-60 juta per ha, di atas lahan gambut butuh Rp 100 juta per ha. Itu karena investor harus membangun drainase untuk tata air yang biayanya cukup besar.

“Ekspansi sawit masih bisa hingga 5 juta ha, itu di atas lahan gambut,” kata dia di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Tungkot, gambut dangkal dengan kedalaman kurang dari 1 meter masih cocok untuk sawit karena produktivitasnya masih bagus. Produktivitas sawit akan lebih baik setelah dilakukan penanaman ulang (replanting) karena kandungan biomassa semakin banyak. Hal itu terbukti dari gambut yang ditanami sawit di Sumatera Utara yang sudah berumur 100 tahun.

"Semakin lama kandungan biomassa lebih besar sehingga lebih bagus," kata Tungkot.

Meski demikian, kata Tungkot, secara umum produktivitas sawit di atas lahan gambut tidak seperti di lahan mineral. Biasanya, produktivitas sawit di atas lahan gambut hanya 80% dibanding lahan mineral. Jika rata-rata produktivitas minyak sawit nasional 4,3 ton per ha, produktivitas di lahan gambut hanya 80%. “Secara umum, produktivitas tanaman sawit di atas lahan gambut memang tak sebaik di tanah mineral,” kata dia.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN