Menu
Sign in
@ Contact
Search

Kuartal I-2016, BJB Catat Laba Bersih Rp 449 Miliar

Kamis, 16 Juni 2016 | 07:33 WIB
Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

JAKARTA - PT Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) mencatat laba bersih pada kuartal I-2016 sebesar Rp449 miliar atau tumbuh 15,8% dibanding periode yang sama pada 2015 sebesar Rp388 miliar.

"Laba bersih BJB tumbuh sekitar 15,8% di atas rata-rata industri nasional yang umumnya tumbuh 2,3%, bahkan beberapa bank tumbuh minus," kata Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan pada Media Gathering Ramadhan di Jakarta, Rabu malam.

Irfan mengatakan pertumbuhan laba bersih ini karena adanya efisiensi perseroan mulai dari biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO), penurunan deposito, hingga efisiensi jumlah pegawai.

Ia menjelaskan penurunan BOPO mencapai 78% sehingga turut berpengaruh pada marjin bunga bersih (net interest margin/NIM) yang membaik.

Selain laba bersih, kinerja positif juga ditunjukkan dengan pertumbuhan kredit yang mencapai 11,4%, dana pihak ketiga (DPK) tumbuh 11,9% dan kredit bermasalah (non performing loan/NPL) yang turun 2,8%.

BJB yang turut membiayai pembangunan Jalan Tol Cikopo-Palimanan serta beberapa akses jalan tol lainnya melalui kredit sindikasi, ini juga menargetkan adanya kerja sama baru untuk pembiayaan akses tol lainnya.

"Kami sedang menjajaki jalan tol akses buka ke Jawa Barat dan Banten. Kemarin kami menjajaki di Soreang (Bandung), Seroja, kemudian di Tangerang. Siapa lead-nya kita jajaki," ujar Irfan.

Adapun untuk mengantisipasi kebutuhan dana selama Ramadhan dan hari libur Idul Fitri, BJB telah menyiapkan likuiditas atau dana sebesar Rp6,7 triliun.

Sebanyak 62% dari dana tersebut akan didistribusikan di wilayah Jabodetabek dan Bandung serta sejumlah kota tujuan mudik. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : ANTARA

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com