Menu
Sign in
@ Contact
Search

BI Rate Tetap 6,5%

Jumat, 22 Juli 2016 | 10:57 WIB

JAKARTA-Rapat dewan gubernur Bank Indonesia (RDG BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan (BI rate) pada level 6,5% dengan suku bunga deposit facility 4,50% dan lending facility 7,00%.


Bank sentral juga memutuskan BI 7-days (Reverse) Repo Rate tetap 5,25% sejalan dengan rencana reformulasi suku bunga kebijakan yang telah diumumkan pada 15 April 2016.


Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara menjelaskan, pertimbangan BI mempertahankan pada level 6,5% adalah stabilitas ekonomi yang tetap terjaga. Hal itu tercermin pada inflasi yang berada pada kisaran 4±1%, defisit neraca transaksi berjalan yang membaik, dan nilai tukar rupiah yang relatif stabil.


“Dari faktor global, pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan tumbuh lebih lambat akibat meningkatnya ketidakpastian, menyusul referendum keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit),” kata Tirta saat mengumumkan keputusan RDG BI di Jakarta, Kamis (21/7).


Tirta Segara mengungkapkan, selain berdampak pada ekonomi Inggris dan Uni Eropa (UE), pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan India yang memiliki pangsa ekspor cukup besar ke kawasan UE diperkirakan tumbuh lebih rendah dari proyeksi sebelumnya.


Di sisi lain, di tengah pertumbuhan ekonomi AS yang membaik, dampak Brexit pada penguatan dolar AS diprediksi bakal mengurangi peluang kenaikan Fed funds rate (FFR).


“Jadi, Bank Sentral AS (The Fed) diperkirakan hanya menaikkan FFR satu kali pada akhir 2016,” tutur dia.


Di pasar komoditas, menurut Tirta, harga minyak dunia bergerak naik akibat penurunan produksi AS dan gangguan pasokan di beberapa negara. Ke depan, harga minyak diperkirakan masih relatif rendah seiring permintaan yang masih lemah.


Meski harga minyak masih rendah, harga sejumlah komoditas ekspor Indonesia membaik, khususnya batubara dan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO). “Pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II-2016 diperkirakan membaik walaupun masih terbatas,” ucap dia. (ID/gor)


Baca selanjutnya di http://id.beritasatu.com/moneyandbanking/kuartal-ii-pertumbuhan-ekonomi-di-level-49-50/146992

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com