Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Nasabah melakukan transaksi perbankan di ATM bank OCBC NISP, Jakarta.

Nasabah melakukan transaksi perbankan di ATM bank OCBC NISP, Jakarta.

#ONPreneuship OCBC NISP Dukung UMKM Bangun Relasi

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:08 WIB
Prisma Ardianto (prisma.ardianto@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  - PT Bank OCBC NISP Tbk menyelenggarakan program #ONPreneuship sebagai upaya mendukung UMKM membangun relasi dan koneksi bisnisnya. Bank bakal mempertemukan sejumlah UMKM dengan pelaku usaha lainnya dari industri yang beragam, baik itu produsen, distributor, hingga seller.

Sebelumnya, perseroan telah menyelenggarakan webinar yang diikuti lebih dari 600 pelaku UMKM dari berbagai kota di Indonesia. Program '#ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat' kemudian berlanjut ke fase selanjutnya yakni fase networking. Melalui serangkaian penilaian, diantaranya seperti seleksi profil dan penilaian video pitch, saat ini terpilih 50 pelaku UMKM yang berkesempatan memperluas potensi jejaring bisnis mereka di fase networking.

Di fase ini para UMKM berkesempatan untuk bertemu dengan pelaku usaha lainnya dari industri yang beragam, mulai dari produsen, distributor, hingga seller untuk menciptakan kolaborasi. Pada sesi ini mereka juga berkesempatan mendapatkan input dari para coach untuk upgrade bisnis sehingga makin fit dan siap #MelajuJauh.

Executive Vice President National Network Head Bank OCBC NISP Jenny Hartanto menyatakan, program #ONPreneuship merupakan program CSR dari perseroan yang memang dirancang untuk membantu UMKM meraih aspirasinya. Termasuk bagi 50 UMKM yang terpilih dalam fase networking tersebut.

"Rangkain acara ONPreneurship disusun untuk tidak hanya menginspirasi, namun juga memberikan solusi praktis tantangan bisnis di era new normal, khususnya pada aspek digital, marketing, branding, financial dan funding," ujar Jenny melalui keterangan tertulis, Selasa (7/12).

Dia mengungkapkan, rangkaian program #ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal Sehat menjadi salah satu perwujudan komitmen Bank OCBC NISP untuk menghadirkan solusi perbankan dan nonperbankan atau beyond banking yang relevan bagi para pelaku UMKM. Adapun penyaluran kredit perseroan kepada UMKM tercatat mencapai Rp 18,5 triliun sampai dengan September 2021.

'Dari sisi produk dan layanan, Bank terus berinovasi menghadirkan solusi pendanaan di antaranya Nyala Bisnis untuk pelaku usaha individu, TAYTB WOMEN Warriors untuk pelaku usaha wanita, pendanaan online KTA CashBiz, sampai dengan solusi cash management dan trade finance," beber dia.

Fase  kegiatan networking '#ONPreneurship Mencari Jagoan Lokal' telah berlangsung pada 1 Desember 2021 menggunakan platform online khusus. Para UMKM yang menjadi peserta dapat mengikuti 3 aktivitas, yaitu discussion room, 1 on 1 business coaching, dan chit-chat. Pada setiap kegiatan, peserta mendapatkan pendampingan intensif dari para coach yang expert dari berbagai aspek.

Peserta yang mengikuti rangkaian sesi networking berasal dari berbagai sektor industri seperti kuliner, fashion & beauty, agribisnis, serta seni, hobi, dan kerajinan. Selain itu turut dihadirkan dari sektor industri seperti edukasi, manufacturing, dan consulting. Setelah mengikuti fase networking, para coach akan memilih 30 peserta yang berhak mengikuti fase #ONPreneurship selanjutnya, yakni fase bootcamp dan semakin dekat dengan hadiah modal usaha sebesar Rp 75 Juta.

Creative Story Teller & Branding Expert Handoko Hendroyono, mengatakan, seluruh materi pelatihan dalam program antara lain mulai dari webinar, networking, dan bootcamp. Materi pun tidak hanya fokus pada materi yang inspiratif untuk membuka mindset dan memberikan insight pada tren bisnis, kompetisi atau customer behavior.

"Namun menitikberatkan pada hal praktis yang dapat para UMKM praktikan dalam bisnis mereka masing-masing, salah satunya bagaimana posisi branding dapat berperan untuk meningkatkan sales. Jadi bukan hanya agar terlihat keren saja, namun harus memiliki value untuk keberlangsungan bisnis itu sendiri," ujar Handoko. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN