Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Mandiri Berharap Berkualifikasi di Tingkat ASEAN

Kamis, 14 Juni 2012 | 17:32 WIB
Antara

JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berharap bisa masuk menjadi bank yang berkualifikasi tingkat ASEAN atau ASEAN Qualified Bank (AQB) menjelang integrasi sektor keuangan dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Jadi untuk bisa masuk kualifikasi, pertama kami harus menjadi bank yang cukup dominan di wilayah domestik, tapi juga punya keberadaan di luar Indonesia," kata Direktur Utama BMRI, Zulkifli Zaini seusai Mandiri CFO Forum, Kamis di Jakarta.

Dia mengatakan, Bank Indonesia -- terkait Asean Qualified Bank -- melalui regulasi yang berlaku diharapkan bisa mendorong pertumbuhan bank asal Indonesia di luar negeri.

"Kalau untuk sejumlah bank di Indonesia tumbuh di domestik, tidak ada masalah karena memang BI pasti mendukung kami. Tapi untuk keberadaan kami di luar negeri saya kira BI kami mohon dukungannya," jelas Zulkifli.

Dia menjelaskan BI bisa mendorong dari sisi resiprokal secara konsisten agar bank domestik bisa membuka cabang di sejumlah negara tetangga ASEAN seperti Singapura, Malaysia dan Thailand.

"Jangan sampai Indonesia hanya menjadi pasar dari sejumlah bank di ASEAN, sementara negara ASEAN selain Indonesia tidak memberi kesempatan yang sama bagi bank di Indonesia untuk berkembang di sana," tegas Zulkifli.

Ada tiga kunci, menurut dia, dalam menyambut AQB dalam integrasi keuangan dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2015, pertama regulasi yang resiprokal, kedua kebersamaan, serta yang ketiga adalah pertumbuhan jangka panjang. (ant/gor)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN