Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Asuransi Umum Sulit Garap Asuransi Kredit

Senin, 14 April 2014 | 13:36 WIB
Oleh Gita Rossiana

JAKARTA – Tidak semua perusahaan asuransi umum bisa masuk ke lini bisnis asuransi kredit, kendati pertumbuhan pendapatan premi asuransi yang terkait dengan bisnis perbankan ini tumbuh kencang dari tahun ke tahun. Setidaknya ada dua penyebab yang menjadikan alasan perusahaan asuransi umum enggan berkecimpung pada lini bisnis tersebut.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) Julian Noor mengatakan, penyebab pertama pelaku industri tidak masuk ke bisnis asuransi kredit adalah tidak semua perusahaan asuransi bisa menjamin risiko yang diinginkan oleh perbankan.

“Perbankan ingin perusahaan asuransi menjamin semua risiko kredit yang gagal bayar, tapi tidak semua perusahaan asuransi mampu melakukan itu. Ada yang cuma bisa menjamin karena debitornya meninggal dunia saja dan lainnya,” ujar Julian kepada Investor Daily, pekan lalu.

Dengan keterbatasan penjaminan risiko ini, menurut Julian, tidak banyak perusahaan asuransi umum yang berkecimpung pada bisnis asuransi kredit. Julian menyebutkan, sampai sekarang, baru ada 25 perusahaan yang bermain di asuransi kredit. Padahal, jumlah perusahaan asuransi umum mencapai 82 perusahaan.

Menurut Julian, salah satu perusahaan asuransi umum yang mampu menjamin semua risiko dalam asuransi kredit adalah PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero) atau Askrindo. Direktur Utama Askrindo Antonius Chandra S Napitupulu mengatakan, sejak didirikan tahun 1971, Askrindo sudah menjalankan bisnis asuransi kredit.

Baca selengkapnya di Investor Daily versi cetak di https://subscribe.investor.id 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

BAGIKAN