Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com

Muhammadiyah Alihkan Seluruh Dana ke Bank Syariah

Rabu, 28 Desember 2011 | 12:04 WIB
Oleh Grace Dwitiya Amianti

JAKARTA – Organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia, Muhammadiyah, memutuskan untuk menempatkan seluruh dananya di perbankan syariah  sebagai tindak lanjut fatwa riba bunga bank konvensional. Bank syariah yang ditunjuk untuk mengelola dana (cash management) Muhammadiyah tersebut sebanyak tujuh buah.

“Kami memilih tujuh bank ini setelah ada fatwa dari Majelis Tarjih Muhammadiyah bahwa bunga bank itu riba dan riba itu haram. Fatwa ini berlaku untuk semua anggota Muhammadiyah termasuk yang di luar negeri, sehingga dananya akan dipindahkan ke tujuh bank itu,” jelas Ketua Bidang Tarjih, Tajid, dan Pemikiran Islam Muhammadiyah Yunahar Ilyas dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (27/ 12).

Ketujuh bank tersebut yaitu PT Bank Syariah Bukopin, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, PT Bank BRI Syariah, PT Bank BNI Syariah, unit usaha syariah (UUS) PT Bank Danamon Indonesia Tbk, dan UUS PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).

Sebelumnya, Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin memperkirakan, potensi dana yang bisa dihimpun dari kerja sama pengelolaan dana di lingkungan Muhammadiyah dengan tujuh bank syariah bisa mencapai Rp 10 triliun.

Hingga kini, jumlah anggota Muhammadiyah mencapai 29 juta orang yang tersebar di berbagai suborganisasi. Dengan adanya kerja sama tersebut, Direktur Korporasi Bank Muamalat Luluk Mahfudah menilai, upaya industri keuangan syariah dalam meningkatkan customer base semakin signifikan.

Dengan demikian, pangsa pasar (market share) perbankan syariah Indonesia juga akan semakin meningkat, sebab saat ini baru sekitar 3,6% dari total aset perbankan nasional. Sebanyak 29 juta anggota Muhammadiyah dapat memanfaatkan 1.349 jaringan kantor bank ...

Selengkapnya baca di https://subscribe.investor.id

Editor :

BAGIKAN