Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Siantar Top Tbk

Ilustrasi Siantar Top Tbk

Siantar Top Siap Lunasi Obligasi Jatuh Tempo Rp 200 M

Senin, 18 Januari 2021 | 12:23 WIB
Gita Rossiana (gita.rossiana@investor.co.id)

JAKARTA, invesor.id - PT Siantar Top Tbk (STTP) menyatakan kesiapannya untuk melunasi Obligasi Berkelanjutan I Tahap II Seri B senilai Rp 200 miliar. Dana untuk melunasi obligasi jatuh tempo ini sudah tersedia di deposito.

Direktur Utama Siantar Top Agus Suhartanto mengatakan, Obligasi Seri B Siantar Top akan jatuh tempo pada 12 April 2021.

"Perseroan telah menyediakan dana untuk melunasi bunga dan pokok obligasi, penempatan dana di deposito," ujar dia dalam keterbukaan informasi pada Senin, (18/1).

Adapun untuk obligasi berkelanjutan ini, perseroan mendapatkan peringkat A+ dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo). Rating ini berlaku untuk periode 11 Januari hingga 12 April 2021. Pada akhir tahun lalu, produsen makanan ringan ini optimistis mampu meningkatkan penjualan 10%. Sedangkan laba bersih diharapkan bisa bertumbuh 20%.

Agus mengungkapkan meskipun pasar makanan ringan juga tak luput dari imbas pandemi Covid-19, pihaknya berhasil membukukan kinerja positif. Hal itu tercermin dan kinerja sampai akhir September 2020, dimana perseroan mencatat penjualan bersih sebesar Rp 2,81 triliun, atau naik 8,77% dibanding periode yang sama tahun 2019 yang sebesar Rp 2,59 triliun. Kinerja positif juga terlihat dari perolehan laba bersih yang tercatat sebesar Rp 479,35 miliar atau naik 27% dibanding periode yang sama tahun 2019 yang sebesar Rp 377,166 miliar.

Sementara tahun ini, Agus memproyeksikan perekonomian nasional dan global akan lebih baik di 2021. Ditemukannya vaksin Covid-19 diharapkan akan membantu menggerakkan perekonomian pada kuartal II dan III tahun ini.

Direktur Siantar Top Armin menambahkan, perseroan sudah menyiapkan beberapa strategi untuk menggenjot kinerja tahun ini. Upaya itu adalah melakukan inovasi dan diversifikasi produk, meningkatkan kinerja distribusi untuk penetrasi pasar yang lebih luas, meningkatkan pemasaran melalui program promo dan iklan yang terintegrasi, serta memperluas pasar melalui kerja sama dengan mitra lokal dan luar negeri.

Pada 2021, kata dia, pihaknya menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (Capex) sebesar Rp 450 miliar. Belanja modal ini bersumber dari laba bersih perseroan pada tahun 2020.

“Capex itu akan dialokasikan untuk anak perusahaan sebesar Rp 100 miliar, perluasan usaha Rp 100 miliar, pembagian dividen Rp 50 miliar, dan pelunasan obligasi Rp 200 miliar,” terang Armin.

Sementara itu, Direktur Siantar Top Suwanto mengatakan, selain pasar domestik, perseroan juga akan memperluas pasar ekspor yang saat ini kontribusinya mencapai 9% dari total penjualan. Fokus pengembangan pasar ekspor adalah di kawasan Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Australia.

Agus menambahkan, perseroan saat ini juga tengah mempersiapkan perluasan pabrik baru di Pasuruan. “Pabrik baru tersebut nantinya untuk produk baru juga penambahan kapasitas dari produk yang sudah ada,” katanya.

Saat ini Siantar Top memiliki pabrik dan cabang penjualan di Tambak Sawah, Sidoarjo, dengan kontribusi penjualan sebesar 64%. Kemudian, di Bekasi yang memberikan kontribusi 26%, dan Medan, Sumatra Utara, sebesar 10%.

Editor : Trimurti (trimurti@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN