Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu kegiatan kampanye kesehatan Novo Nordisk Indonesia,  perusahaan perawatan kesehatan  yang  berkantor pusat di Denmark.

Salah satu kegiatan kampanye kesehatan Novo Nordisk Indonesia, perusahaan perawatan kesehatan yang berkantor pusat di Denmark.

Pendekatan Holistik Novo Nordisk Indonesia untuk Capai 'Zero Environmental Impact'

Kamis, 19 Mei 2022 | 11:50 WIB
Fajar Widhiyanto (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id – Dalam upaya mencapai tujuan besar perusahaan, yaitu nol dampak untuk lingkungan (zero environmental impact), Novo Nordisk Indonesia melaksanakan berbagai kegiatan, termasuk mengalihkan metode pengiriman produk, dari angkutan udara menjadi angkutan laut dan meluncurkan kampanye internal: “Plastic Funtastic: Turning Your Plastic Waste into Something Fantastic,” yang mendorong karyawan mengurangi penggunaan plastik.

Kedua kegiatan tersebut merupakan bagian dari strategi global Circular for Zero, sebuah inisiatif global Novo Nordisk untuk mencapai zero environmental impact (nol dampak untuk lingkungan) atau mengurangi pencemaran lingkungan. Novo Nordisk telah memulai berbagai langkah pertama untuk merealisasikan tujuan ini. Meskipun demikian, perusahaan terus mencari pendekatan baru untuk mencapai lebih banyak dan meyakini bahwa penerapan circular mindset merupakan hal yang baik bagi perusahaan dan lingkungan.

Novo Nordisk adalah perusahaan perawatan kesehatan global yang didirikan pada tahun 1923 dan berkantor pusat di Denmark. Novo Nordisk bertujuan untuk mendorong perubahan demi mengalahkan diabetes dan penyakit kronis lainnya seperti obesitas, serta kelainan darah dan endokrin yang langka.

Misalnya, Novo Nordisk menyadari bahwa pengiriman produk menghasilkan limbah CO2 yang cukup banyak sehingga Novo Nordisk memutuskan untuk beralih ke metode pengiriman melalui laut . Novo Nordisk Indonesia Finance & Operations Director Rasmus Hansen menjelaskan, “Ambisi kami untuk mencapai zero environmental impact merupakan landasan aspirasi kami dalam rangka menjadi perusahaan dengan bisnis yang berkelanjutan. Untuk memimpin dan menjadi yang terdepan dalam perubahan, kami telah menerapkan pendekatan yang cukup berani, berdampak luas, dan diterapkan di seluruh bagian perusahaan untuk mengatasi masalah lingkungan. Pengiriman udara merupakan pendorong utama pencemaran lingkungan karena menghasilkan 75 persen dari total emisi CO2 dalam distribusi produk. Dengan beralih ke metode pengiriman dengan angkutan laut, Novo Nordisk Indonesia berkontribusi dalam mengurangi jejak karbon perusahaan dan dengan demikian selangkah lebih maju dalam mencapai zero environmental impact.

Selain itu, perusahaan juga mengadakan kampanye “Plastic Funtastic” yang menjadi bagian dari kegiatan TakeAction Novo Nordisk dan merupakan program sukarela yang melibatkan karyawan global Novo Nordisk untuk mendorong perubahan di bidang kesehatan, sosial, dan lingkungan.

Sebagai kampanye internal, kegiatan tersebut mengajak karyawan Novo Nordisk Indonesia untuk proaktif mengurangi sampah plastik. Pendiri dan direktur pelaksana Waste4Change Indonesia Mohamad Bijaksana Junerosano mengatakan studi terakhir yang dilakukan perusahaan menunjukkan bahwa pada 2019, Indonesia menghasilkan sekitar 175.000 ton sampah setiap harinya atau sekitar 14% atau 24.500 ton plastik per hari.

Sekitar 81% sampah di Indonesia juga tidak dipilah. Selain itu, kemasan isi ulang dan berbagai jenis plastik lunak akan dibuang dan menjadi sampah karena tidak dapat didaur ulang, tidak seperti botol dan sampah plastik keras yang lebih mudah didaur ulang.

Sebagai kampanye yang holistik, “Plastic Funtastic” terdiri atas beberapa kegiatan seperti talkshow online untuk mengedukasi karyawan agar lebih paham mengenai dampak sampah plastik terhadap lingkungan, mendorong karyawan untuk memilah sampah plastik, dan membangun kamar mandi umum untuk para pemulung sampah yang dibuat dari sampah plastik yang dikumpulkan oleh karyawan.

Dalam kampanye ini, karyawan Novo Nordisk Indonesia diajak untuk mengumpulkan dan mengirimkan sampah plastik yang telah dibersihkan ke sejumlah tempat yang sudah ditentukan. Sampah plastik tersebut kemudian didaur ulang dan diubah menjadi batu bata dan digunakan untuk membangun kamar mandi umum di Kampung Pemulung di Cirendeu, Tangerang Selatan, Banten. Proyek ini berhasil membantu 100 keluarga pemulung di area tersebut.

Novo Nordisk Indonesia Market Access & Public Affairs Director Banarsono Trimandojo  mengatakan, visi Novo Nordisk Indonesia adalah untuk mencapai zero environmental impact dan masa depan yang terbebas dari limbah, baik limbah yang dihasilkan dari kegiatan produksi perusahaan atau dari kehidupan pribadi karyawan Novo Nordisk.

"Melalui kegiatan TakeAction, kami berhasil mengurangi 125 kilogram sampah plastik yang dibuang ke tempat pembuangan sampah atau bahkan ke laut dan sungai. Pada saat yang sama, kami berkontribusi membantu masyarakat. Kami meyakini bahwa tindakan kolektif ini sangatlah penting, itulah sebabnya kami akan selalu melibatkan karyawan dan mitra bisnis kami untuk terus mengambil andil dalam menjaga lingkungan,” kata Banarsono dalam siaran pers, Kamis (19/5/2022).

Rasmus juga menekankan, “Novo Nordisk ingin menginspirasi masyarakat untuk fokus menjaga lingkungan serta melakukan bisnis melalui inisiatif global kami. Kami juga percaya bahwa terlibat dalam gerakan internasional merupakan satu-satunya cara untuk mencapai zero environmental impact. Oleh karena itu, Novo Nordisk telah bergabung dengan the UN Sustainable Development Goals, Carbon Disclosure Project (atau CDP, organisasi nonprofit yang membantu investor, pelaku usaha, kota, pemerintah, dan wilayah memantau dan mengelola dampak lingkungan), RE100 (sebuah organisasi global yang menyatukan bisnis di dunia dan berkomitmen untuk menerapkan 100 persen tenaga listrik terbarukan), dan CE100 (platform global yang menyatukan perusahaan terkemuka, inovator, dan wilayah untuk mempercepat transisi ke ekonomi sirkular).”

Editor : Fajar Widhi (fajar_widhi@investor.co.id)

Sumber : Majalah Investor

BAGIKAN