Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi investasi. (Foto: IST)

Ilustrasi investasi. (Foto: IST)

BNP Paribas AM Catat Dana Kelolaan Berbasis ESG Rp 5,5 Triliun

Selasa, 28 Juni 2022 | 23:03 WIB
Investor Daily (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – PT BNP Paribas Asset Management (BNP Paribas AM) mencatatkan total dana kelolaan reksa dana berbasis environmental, social, and governance (ESG) senilai Rp 5,5 triliun. Dana kelolaan tersebut mengalami kenaikan yang signifikan, yakni hampir lima kali lipat dibanding 2019 yang hanya sekitar Rp 1 triliun.

"Di 2022, kami sudah mencapai dana kelolaan untuk reksa dana bertemakan ESG sebesar Rp 5,5 triliun," kata Presiden Direktur BNP Paribas Asset Management Priyo Santoso pada acara Midyear Market Outlook BNP Paribas AM, Selasa (28/6/2022).

Advertisement

Priyo meyakini, tren investasi berkelanjutan yang menerapkan prinsip ESG di Indonesia akan terus meningkat dan semakin relevan dengan kondisi saat ini. Potensi tersebut sejalan dengan fokus pemerintah, baik dalam mengatasi isu perubahan iklim maupun dalam mendorong sektor jasa keuangan menuju pertumbuhan berkelanjutan dan inklusif, sebagaimana yang disuarakan oleh perwakilan pemerintah Indonesia dalam Presidensi G20 meeting.

Baca juga: Investasi Optimal lewat Reksa Dana Pasar Uang

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh BNP Paribas Asset Management Global & Greenwich Associates di bulan Juni 2020, sebanyak 81% dari responden telah menerapkan investasi berbasis ESG dan 16% berencana untuk melakukan hal yang sama. Lebih lanjut, ditemukan bahwa 79% dari responden juga percaya bahwa pertimbangan sosial dapat memberikan dampak positif terhadap kinerja investasi jangka panjang serta terhadap pengelolaan risiko.

“Reksa dana bertema ESG cenderung memberikan imbal hasil yang lebih konsisten dan berjangka panjang,” ungkap Priyo.

Menurut dia, hal tersebut juga sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong penerapan usaha berstandar ESG. Saat ini, BNP Paribas AM memiliki tiga reksa dana dengan tema ESG, yaitu Reksa Dana Indeks BNP Paribas SRI-KEHATI yang berupaya memberikan dampak positif nyata kepada lingkungan dan sosial, Reksa Dana Syariah BNP Paribas Cakra Syariah USD, dan Reksa Dana Syariah BNP Paribas Greater China Equity Syariah USD yang menerapkan filter ESG dalam memilih efek yang mendasarinya.

Baca juga: BNP Paribas AM Luncurkan Reksa Dana Pertama Bertema Teknologi Global

Sementara itu, Direktur BNP Paribas AM Maya Kamdani mengatakan, pihaknya menyadari semakin pentingnya peranan investasi terhadap masa depan dan perekonomian bangsa. Di usia ke-30 ini, BNP Paribas AM meluncurkan gerakan We Are The Future Makers. Lewat gerakan tersebut, perusahaan mengajak masyarakat untuk bersama-sama berupaya untuk memberikan dampak positif terhadap dunia sekitar dan generasi penerus dengan berinvestasi.

Maya menjelaskan semangat yang dibawa dalam gerakan We Are The Future Makers adalah bahwa setiap individu memiliki peran untuk menentukan masa depan yang berdampak dalam setiap keputusan yang diambilnya. Contohnya, dalam pengambilan keputusan investasi. (C01)

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN