Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tol laut. Foto: maritimindonesia.co.id

Tol laut. Foto: maritimindonesia.co.id

Pelni Layani Tol Laut Rute Sabang

Minggu, 14 Juli 2019 | 09:04 WIB

BANDA ACEH, investor.id - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) mendapatkan penugasan tol laut rute T-1 Belawan-Lokseumawe- Malahayati-Sabang dan Tapaktuan membangun konektivitas jalur laut dari Belawan ke pulau terdepan Indonesia yaitu Pulau Sabang.

“Penugasan rute T-1 ini dilayani dengan KM Caraka Jaya Niaga (CJN) III-32 berkapsitas 115 kontainer yang merupakan kapal buatan dalam negeri yang telah disiapkan Pelni di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara,” kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro dalam pernyataan resminya di Banda Aceh, Kamis (12/7).

Dia siap memfasilitasi para pengusaha dari Sumatera Utara dan pengusaha Aceh yang akan mengirimkan barang dari Belawan, Malahayati, Banda Aceh hingga ke Pulau Sabang secara langsung.

Dia mengatakan untuk pembukaan rute Belawan-Lokseumawe- Malahayati-Sabang dan Tapak Tuan, Pelni telah menyiapkan satu kapal dan perusahaan tersebut terus menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah di daerah tujuan tol laut.

“Kami juga terus meningkatkan sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada Pemda dan para pengusaha daerah untuk memanfaatkan tol laut sebagai solusi menekan disparitas (kesenjangan) harga di daerah T3P,” katanya.

Dia menambahkan Pelni juga mendapat penugasan rute tol laut T-3 dari Tanjung Priok- Tanjung Batu-Tarempa-Natuna- Midai-Serasan-kembali ke Tanjung Priok.

“Kapal tol laut rute Natuna sangat dibutuhkan karena melayani rute terpencil, tertinggal, terdepan dan perbatasan (T3P) seperti Natuna dan sekitarnya”, kata Yahya Kuncoro.

Ada pun muatan balik rute T-3 mengangkut kopra dan ikan laut dari Tarempa, Natuna dibawa ke Jakar ta. setiap dua minggu sekali rute Tanjung Priok- Natuna yang dilayani dengan KM. Kandhaga Nusantara 10 ini muatan baliknya selalu terisi. “Ada sekitar 15 kontainer berpendingin diangkut kapal tol laut dari Natuna. Bisa menggerakkan ekonomi daerah T3P,” ujar dia seperti dikutip dari Antara.

Pelni juga melayani rute T-5 dari Tahuna-Lir ung-Melangkuane- Talaud dan rute tol laut H1+T-10 dari Tanjung Perak- Makassar-Bitung-Tidore-Morotai- Buli-Maba-Gebe-Tidore-Tanjung Perak dengan KM Logistik Nusantara 2 dan KM Logistik Nusantara 3.

“Kapal Tol Laut tidak langsung ke Tahuna sejak Pelabuhan Bitung menjadi Hub, penghubung untuk selanjutnya barang dipindah dengan KM. Kandhaga Nusantara I dengan rute Bitung- Tagulandang-Tahuna-Melanguane- Miangas-Bitung,” tambah Yahya Kuncoro. (tm)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN