Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Siti Nurbaya

Siti Nurbaya

Menteri Siti Nurbaya Ajak Pramuka Ikut Perbaiki Lingkungan Hidup

Rabu, 20 November 2019 | 23:04 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengajak para anggota Pramuka ikut berperan dalam perbaikan lingkungan hidup demi keberlangsungan kehidupan yang lebih baik.

Ajakan Menteri Siti Nurbaya tersebut disampaikan pada acara pembukaan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Kalpataru dan Wanabakti (Pertikawan) Nasional di Bumi Perkemahan, Cibubur, Jakarta Timur pada 18-25 November 2019.

Pertikawan Nasional yang digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka ini diikuti sekitar 3 ribu Pramuka Penegak dan Pandega utusan kwartir daerah di Indonesia.

“Gerakan pramuka Indonesia dapat menjadi lokomotif perbaikan dan pemeliharaan lingkungan hidup ke depannya,” kata Siti Nurbaya.

Tema Pertikawan tahun ini yaitu Lestarikan Bumi dan Sejahterakan Masyarakat, ia mengatakan masalah lingkungan hidup yang sedang dihadapi Indonesia adalah polusi, perubahan iklim, over populasi, penipisan sumber daya alam, sampah dan limbah, kepunahan, penggundulan hutan, dan penipisan lapisan ozon.

Ia mengajak para anggota Pramuka untuk mulai melindungi lingkungan dari hal kecil seperti pengurangan sampah terutama sampah plastik.

“Mulailah dari hal kecil dulu dengan mengurangi pemakaian sampah plastik dan sedotan plastik, jika sudah mulai mengurangi sampah plastik maka lingkungan akan sehat,” ujar dia dalam keterangan persnya yang diterima Investor Daily, di Jakarta, Rabu (20/11).

Selain dalam pengelolaan sampah, Siti juga meminta para anggota Pramuka agar mulai menanam minimal 25 pohon seumur hidup, rinciannya lima pohon sewaktu sekolah dasar, lima pohon sewaktu sekolah menengah pertama, lima pohon ketika sekolah menengah atas, lima pohon ketika duduk di bangku kuliah dan lima pohon ketika kuliah.

Ia optimistis semua anggota pramuka bisa membawa perubahan dalam menjaga lingkungan hidup dan bisa menginspirasi banyak masyarakat untuk berbuat hal yang sama.

KLHK juga bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan dan mempunyai komitmen untuk mengajak semua masyarakat agar berpatisipasi aktif menjaga lingkungan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN