Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Jerry Sambuaga. Foto: IST

Jerry Sambuaga. Foto: IST

Jerry Sambuaga: Meski Kita Surplus Tetap Harus Waspada

Jumat, 17 Juli 2020 | 21:52 WIB
Investor Daily

JAKARTA, investor.id - Wabah Covid-19 berdampak pada perdagangan internasional. Semua negara mengalami tekanan yang cukup berat, termasuk Indonesia. Meski demikian, Indonesia tetap mencatat surplus. Hingga bulan Mei kemarin, berdasarkan catatan Kementerian Perdagangan dan Biro Pusat Statistik (BPS) yang dirilis pada bulan Juni yang lalu, Indonesia mencatat surplus US$4,3 miliar.

Demikian disampaikan oleh Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam Seminar Daring (Sedaring) Peluang dan Tantangan IA-CEPA yang diadakan oleh Kemendag, Selasa sore (14/7/2020) lalu. Wamendag menyatakan ini sebagai hasil kerja semua pihak.

"Ini adalah hasil kerja yang sangat baik yang dilakukan oleh semua pihak baik pemerintah maupun pelaku usaha. Kita mengapresiasi itu.” kata Jerry.

Ditinjau dari komposisinya, dari surplus US$ 4,3 miliar, kontribusi terbesar dihasilkan oleh perdagangan non migas yang mencatat surplus sebesar US$ 7,7 miliar. Sebaliknya, komoditas migas mencatat deficit US$ 3,4 miliar.

Meskipun masih surplus Wamendag mengajak semua pihak untuk mewaspadai tekanan wabah yang belum selesai. Menurutnya, langkah-langkah yang komprehensif dan sinergis antara semua pemangku kepentingan harus ditingkatkan guna mewujudkan mitigasi ekonomi yang lebih baik lagi.

Dalam perspektif Kementerian Perdagangan maupun kementerian yang terkait dengan perdagangan luar negeri, sinergi itu harus diarahkan untuk bisa meningkatkan kinerja ekspor Indonesia.

"Arahan Presiden sudah jelas bahwa ekspor adalah salah satu penopang ekonomi Indonesia baik pada saat wabah maupun saat normal. Bahkan sebelum adanya wabah Covid ini, Presiden Jokowi sudah menetapkan arah kebijakan kerja sama luar negeri yang lebih menekankan pada dampak ekonomi termasuk dalam kaitanya dengan peningkatan ekspor. Itu sebabnya kita harus terus meningkatkan kinerja yang baik ini," katanya.

Lebih lanjut Wamendag mengatakan bahwa produk barang dan jasa Indonesia masih sangat diminati di pasar luar negeri. Mantan anggota Komisi I DPR RI tersebut yakin bahwa volume eskpor barang dan jasa Indonesia perlahan akan terus meningkat. Pernyataan itu dikaitkan dengan keberhasilan Kementerian Perdagangan menyelesaikan dua perjanjian dagang yang penting yaitu IA-CEPA dan AHKFTA yang mulai diberlakukan pada awal Juli ini.

Dalam berbagai kesempatan Jerry Sambuaga selaku Wamendag mendorong agar dua perjanjian tersebut dimanfaatkan secara optimal oleh para pelaku usaha baik di sektor barang dan jasa maupun investasi.

”Jadi perjanjian ini sebenarnya merupakan perjanjian yang lebih luas daripada sekadar soal perdagangan barang dan jasa. Ada peluang investasi juga di situ. Misalnya dalam AHKFTA disitu ada klausul yang memungkinkan pengusaha Indonesia untuk berinvestasi di Hong Kong dengan kepemilikan hingga 100% untuk sektor konstruksi. Nah peluang-peluang seperti itu yang harus dioptimalkan oleh para pelaku usaha kita,” ujarnya.

Selain dua perjanjian itu, Jerry juga yakin bahwa pasar Afrika dan Timur Tengah akan makin terbuka. Seperti diketahui bahwa keduanya merupakan target penetrasi perluasan pasar ekspor Indonesia. Upaya-upaya untuk mewujudkannya, menurut Jerry terus dilakukan oleh para atase perdagangan maupun diplomat ekonomi Indonesia lainnya.

"Promosi ekspor, business matching dan upaya-upaya pembukaan pasar lainnya (terus dilakukan) terus-menerus oleh para Atase Perdagangan maupun kepala ITPC (Indonesia Trade Promotion Center) di berbagai negara meskipun dengan keterbatasan akibat wabah,” pungkas Jerry. (gr)

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN