Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Agus Suparmanto. Sumber: BSTV

Agus Suparmanto. Sumber: BSTV

Menteri Ekonomi Asean-Jepang Kerja Sama Atasi Covid-19

Jumat, 31 Juli 2020 | 15:51 WIB
Sanya Dinda (sanya.susanti@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  - Para menteri ekonomi negara-negara Asean (Asean Economic Ministers/AEM) dan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang (Minister of Economy, Trade, and Industry of Japan/METI) mengesahkan rencana aksi untuk mempertahankan ekonomi kedua wilayah dari dampak pandemi Covid-19.

Rencana aksi yang disahkan dalam pertemuan virtual AEM-METI pada Rabu (29/7) itu merupakan tindak lanjut dari pernyataan bersama yang telah dipublikasikan pada 20 April lalu.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, yang turut hadir dalam pertemuan pada Rabu, mengatakan, para menteri saling bertukar pandangan terkait upaya-upaya yang telah dilakukan dalam meminimalisasi penyebaran Covid-19 dan memulihkan aktivitas ekonomi di masing-masing negara.

“Rencana aksi ini mencakup lebih dari 50 aktivitas kerja sama yang bertujuan memitigasi dampak pandemi Covid-19 terhadap pertumbuhan ekonomi di kawasan,” ungkap Agus dalam keterangan resmi, Kamis (30/7).

Kerja sama yang tercakup dalam rencana aksi tersebur antara lain penjaminan keterbukaan pasar, peningkatan fasilitasi perdagangan khususnya untuk barang penting dan produk medis, dan pengurangan hambatan dagang nontarif yang tidak diperlukan.

Selain itu, menurut Agus, para menteri ekonomi Asean bersepakat akan memberikan dukungan finansial kepada para pelaku usaha 

mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19. Para menteri juga menugaskan supaya para pejabat ekonomi senior Asean dan Jepang mengawal implementasi seluruh aktivitas dalam rencana aksi yang telah disahkan.

“Indonesia berkomitmen terhadap berbagai aktivitas bersama dalam mendukung berbagai upaya pemulihan ekonomi guna menghidupkan kembali rantai pasok regional,” pungkas Agus.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN