Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi sampah plastik

Ilustrasi sampah plastik

Waste Management Solusi untuk Masalah Plastik di Indonesia

Sabtu, 3 Oktober 2020 | 20:18 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Pelarangan penggunaan plastik sekali pakai telah menjadi isu yang hangat pada 2020, setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan regulasi pelarangan penggunaan plastik sekali pakai untuk kantong berbelanja.

Yok Yok Ayok Daur Ulang (YYADU) yang merupakan sebuah program inisiasi daur ulang keberlanjutan yang dibuat oleh PT Trinseo Materials Indonesia dan didukung oleh Kemasan Group melakukan edukasi mengenai kebijakan larangan plastik sekali pakai.

Direktur Kemasan Group Wahyudi Sulistya mengatakan saat ini belum ada pengganti plastik dari segi emisi karbon, fungsi, dan harga.

Plastik mempunyai banyak fungsi yang paling penting bagaimana waste management plastik dan bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Ketua Umum Ikatan Pemulung Indonesia Prispolly Lengkong mengatakan, kebijakan pelarangan plastik juga memberikan dampak kepada pemulung karena sampah plastik memberikan nilai ekonomi yang tinggi karena dengan memilah sampah akan menghasilkan uang.

Ia menilai waste management merupakan solusi untuk masalah plastik di Indonesia, jika sudah bisa didaur ulang maka plastik tidak akan lagi menjadi musuh utama.

“Kami minta pemerintah tinjau ulang kebijakan larangan penggunaan plastik karena berdampak pada profesi pemulung,” ujar dia di Jakarta, belum lama ini.

Problematika pelarangan penggunaan single use plastic dianggap tidak menyelesaikan masalah lingkungan justru yang bisa menjadi solusi adalah waste management berkelanjutan.

Trinseo adalah penyedia solusi bahan kimia global dan produsen plastik, pengikat lateks dan karet sintetis yang memberikan solusi inovatif dan berkelanjutan untuk membantu para pelanggan menciptakan produk yang bermanfaat.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN