Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Salah satu Kapal Pelni. Foto ilustrasi: IST

Salah satu Kapal Pelni. Foto ilustrasi: IST

Libur Nataru, Pelni Tetap Jual Tiket 50% dari Kapasitas

Jumat, 18 Desember 2020 | 04:28 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) memastikan tetap menjual tiket hanya 50% dari kapasitas kapal selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni OM Sodikin menyampaikan, pada momen Nataru 2021 ini, pihaknya siap mengoperasikan penuh seluruh kapal penumpang yang dimiliki. Adapun periode angkutan Nataru kali ini sudah dimulai sejak 11 Desember 2020 (H-14) hingga 8 Januari 2021 (H+14). Selama periode tersebut, perusahaan telah memastikan kesiapan operasional kapal demi kelancaran angkutan Nataru 2021.

Advertisement

“Kapal dipastikan sudah laik laut karena telah melaksanakan docking sebelum masa peak season dimulai. Selain itu kami juga memastikan pemyemprotan cairan disinfektan di seluruh sudut kapal dilakukan secara rutin,” terang Sodikin dalam keterangan resmi, Kamis (17/12).

Sesuai ketentuan, dia menambahkan, Pelni menjual tiket sebanyak 50% dari kapasitas kapal. Pembelian tiket dapat diperoleh melalui website www.pelni.co.id, Pelni Mobile Apps, agen penjualan tiket, dan 45 kantor cabang PT Pelni yang tersebar di seluruh Indonesia.  

Layanan penjualan tiket berbasis online pada masa pandemi ini juga, papar dia, tetap memperhatikan persyaratan yang harus dibawa dan ditunjukkan kepada petugas saat check in di pelabuhan. Penjualan tiket melalui website dan mobile application ini tetap mewajibkan calon penumpang untuk dapat mematuhi sejumlah peraturan yang ditentukan sesuai protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru ini.

"Pelanggan tetap diwajibkan memiliki surat keterangan sehat bebas Covid-19 yang ditunjukkan dari hasil pemeriksaaan uji rapid non-reaktif ataupun negatif uji swab dan pembayaran tiket pun dengan metode epayment atau secara cashless di seluruh loket kantor cabang kami. Persyaratan ini wajib dipatuhi oleh calon penumpang di masa adaptasi kebiasaan baru ini dan sebagai salah satu langkah Perusahaan untuk mendukung upaya Pemerintah dalam rangka mencegah penularan virus Covid-19” ungkap Sodikin.

Prediksi produksi penumpang pada masa Nataru 2021 ini, imbuh dia, sebanyak 151.891 penumpang. Tercatat data hingga per 16 Desember 2020 adalah sebanyak 86.855 penumpang dengan ruas padat penumpang pada Batam-Belawan, Belawan-Batam, dan Makassar-Labuan Bajo.

Sodikin menambahkan bahwa selama Nataru 2021 ini kapal Pelni memiliki layanan tambahan untuk penumpang pada lima kapal penumpang sebagai pilot project, yaitu KM Sinabung, KM Kelud, KM Labobar, KM Gunung Dempo, dan KM Lawit. Layanan tambahan ini berupa alunan musik instrumental saat proses embarkasi dan debarkasi, pelayanan makanan sesuai dengan protokol kesehatan, senam pagi, serta pemberian bingkisan natal kepada penumpang terpilih saat menikmati momen sunrise dan sunset.

“Selain itu kami juga akan membagikan masker bagi penumpang yang menggunakan masker kurang layak. Layanan tambahan ini kami berikan dengan maksimal untuk penumpang yang akan merayakan momen Nataru 2020/2021, sehingga penumpang akan nyaman berlayar menggunakan kapal PELNI,” tambah Sodikin.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN