Menu
Sign in
@ Contact
Search
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

BI Dorong Seluruh Bank Lakukan Digitalisasi

Kamis, 25 Februari 2021 | 17:00 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Bank Indonesia (BI) mendorong seluruh bank untuk melakukan digitalisasi dalam menjalankan aktivitas perbankan.  Saat ini ada sekitar 10 sampai 15 bank yang telah menerapkan digitalisasi. Adanya digitalisasi akan mempermudah transaksi keuangan yang dilakukan.

“Kami tidak hanya mendukung tapi mendorong sangat cepat untuk kawan bank melakukan digitalisasi. Saya bangga 10 sampai 15 bank di Indonesia sudah melakukan digitalisasi sangat kuat,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam acara  Economic Outlook 2021, Kamis (25/2).

Ia mengatakan  15 bank yang telah melakukan digitalisasi dengan sangat kuat tersebut di antaranya adalah bank-bank BUMN salah satunya yaitu PT Bank Rakyat Indonesia (BRI). BI terus bekerja sama dengan  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dapat memaksimalkan digitalisasi di perbankan. Dalam hal ini OJK berperan dalam  kelembagaan dan digitalisasi crowd funding.

“Kami mendorong digitalisasi sistem pembayaran yaitu sekarang semua bank pakai QRIS (Quick Response Indonesia Standard (QRIS) supaya bisa masuk kepada yang sangat ritel,” kata Perry.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan pihkanya  juga mendorong semua bank harus mengembangkan bisnis proses digital. Menurutnya dengan digitalisasi masyarakat tidak perlu antri di bank hingga bisa melakukan pembayaran uang sekolah secara digital. Kondisi pandemic Covid 19 juga meningkatkan transaksi digital.

“Dari awal kami sudah mendorong digitalisasi keuangan dan kami mendukung dan membuat namanya pusat pengembangan digital keuangan di OJK dan membentuk regulatory sandbox di situ,” ucapnya.

Ia mengatakan  pengunaan produk keuangan lainnya juga sudah mengarah ke digital. Hal ini menjadi tantangan bagi OJK dan BI dalam penyusunan kebijakan mengenai digitalisasi produk perbankan. OJK dan BI selalu berkoordinasi tentang  hal tersebut.

“Kami adalah pengawas lembaga keuangan dan dan produk keuangan. BI kaitannya dengan  sistem pembayaran,” ucap Wimboh.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com