Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani  saat menjadi salah satu pembicara dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-8 SMK Pusat Keunggulan, Rabu (17/3/2021).

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani saat menjadi salah satu pembicara dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-8 SMK Pusat Keunggulan, Rabu (17/3/2021).

Kadin Apresiasi Insentif Pajak Dukung Pendidikan Vokasi

Rabu, 17 Maret 2021 | 22:25 WIB
Natasia Christy Wahyuni

JAKARTA, investor.id   – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Rosan Perkasa Roeslani mengapresiasi upaya pemerintah untuk mendorong pendidikan vokasi agar terus berkembang. Salah satunya lewat pemberian insentif perpajakan sebesar 200% bagi perusahaan yang mengikuti program vokasi bersama dengan pemerintah.

“Kami dari Kadin senantiasa selalu mendukung langkah-langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di bidang vokasi, untuk meningkatkan SDM kita ke depannya,” kata Rosan saat menjadi salah satu pembicara dalam peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-8 “SMK Pusat Keunggulan”, Rabu (17/3/2021).

Rosan mengatakan pendidikan dan pelatihan vokasi tidak dapat dipisahkan kerena keduanya saling terkait untuk meningkatkan produktivitas nasional.

“Masalah ketenagakerjaan di Indonesia juga tidak bisa dipisahkan dari dunia pendidikan terutama pendidikan vokasi,” kata Rosan.

Dia berharap lewat program SMK Pusat Keunggulan maka bisa lahir tenaga kerja unggul, terampil, konsisten, dan kompeten untuk meningkatkan daya saing industri dan menumbuhkan perekonomian. Menurutnya, peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia tidak bisa secara instan namun harus melalui proses yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita dalam konferensi pers secara virtual dari Jepang, Kamis (11/3/2021).
Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita.).

Sementara itu, Menteri Perindustrian (menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan SMK berperan penting bagi penyediaan SDM industri nasional yang berkualitas. Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian terus memfasilitas penguatan link and match sektor pendidikan dan industri sesuai amanat Presiden agar meningkatkan perekonomian melalui industri yang lebih kompetitif di kancah global.

“Dengan pendekatan yang semakin strategis dan komprehensif, kami berharap link and match antara SMK dengan industri bisa semakin optimal,” kata Agus dalam video sambutannya.

Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Syaiful Huda berharap program SMK Pusat Keunggulan menjadi penyempurnaan program-program revitalisasi pendidikan vokasi yang sebelumnya.

"Selamat atas diluncurkannya program SMK Pusat Keunggulan. Semoga inisiatif dan inisiasi ini menjadi bagian dari percepatan kita untuk semakin membuat lulusan SMK sesuai kebutuhan dan menjadi tenaga kerja yang mengisi lowongan kerja yang ada di Indonesia,” ujar Syaiful.

Di pihak lain, Ketua Lembaga Pendiidkan Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU), Z. Arifin Junaidi mengatakan profesionalisme ditandai dengan kompetensi, sikap konsisten dan konsekuen, komitmen, kompetitif dan berkarakter. Dia mengatakan LP Ma’arif NU ikut menyiapkan lulusan yang siap masu dunia kerja, bahkan membuka lapangan pekerjaan dan meneruskan studi ke jenjang lebih tinggi.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Muhammadiyah, Baedhowi, mengatakan peran SMK sangat penting untuk menciptakan tenaga kerja terampil untuk menciptakan lulusan siap kerja, berdaya saing, dan bisa menjadi pengusaha andal.

“Dengan keunggulan yang ada tersebut, maka diharapkan lulusan-lulusan SMK, khususnya untuk SMK Pusat Keunggulan tadi akan menjadi contoh bagi SMK-SMK yang lain,” ujar Baedhowi. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN