Menu
Sign in
@ Contact
Search

Tetra Pak Ajak Perempuan Terjun ke Manufaktur Mamin

Rabu, 30 Juni 2021 | 10:59 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id - Tetra Pak mengindentifikasi sebuah peluang bagi perempuan untuk bergabung dengan industri manufaktur makanan dan minuman (mamin). Kaum perempuan bisa menghadirkan lebih banyak keberagaman dan membantu mendorong perubahan transformasional.

Beragam keahlian diperlukan untuk mendorong inovasi dalam industri pengemasan makanan, mulai dari teknik mesin, otomasi, mikrobiologi hingga ilmu pangan. Menurut laporan Kesenjangan Gender oleh World Economic Forum, perempuan hanya menempati sepertiga dari peran di sektor manufaktur, terjadi penurunan hanya 21% di tingkat eksekutif senior.

“Tema International Women in Engineering Day (INWED) tahun ini #EngineeringHeroes tidak pernah terasa begitu relevan. Sistem pangan global kita tengah menghadapi banyak tantangan dalam hal perubahan iklim, keamanan pangan, kebersihan, dan distribusi. Pandemi Covid-19 telah menyoroti masalah lingkungan yang kritis dan pentingnya keamanan hingga ketersediaan pangan. Kita membutuhkan semua tangan untuk mengatasi tantangan yang berkembang ini,” tutur Michael Wu, managing director Tetra Pak Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonesia, belum lama ini.

Salah satu contoh perempuan di industri mamin adalah Kania Suciati, yang bergabung hampir 10 tahun lalu dengan Tetra Pak, perusahaan terkemuka solusi pengolahan dan pengemasan makanan. Saat ini, dia bertugas sebagai food protection specialist untuk klaster MSPI (Malaysia, Singapura, Filipina, dan Indonesia).

Dia menyatakan, dunia rekayasa menantang dan mengasyikkan. Sebab, konsumen berharap makanan yang Anda beli rasanya enak, bernutrisi, dan aman untuk dimakan atau diminum, sedangkan pengecer membutuhkan produk yang menarik di rak mereka. Sementara itu, orodusen makanan membutuhkan proses produksi yang menghasilkan produk yang memiliki rasa, bau, dan terlihat menarik saat dibuka, selain juga menjamin produknya tidak membahayakan konsumen.

Tetra Pak, kata dia, berperan penting dalam memenuhi kebutuhan tersebut. Sebagai seorang food protection specialist, dia membantu pelanggan mencapai kualitas makanan setinggi mungkin dengan merancang dan menerapkan sistem manajemen kualitas makanan dengan terus mengevaluasi penelitian dan teknologi yang muncul. Kemudian, dia menemukan dan merekomendasikan ukuran dan teknik pengukuran kualitas makanan.

“Saya berkesempatan untuk membuat perubahan sosial nyata untuk menjadikan makanan aman dan tersedia di mana saja. Saya mendorong semua perempuan muda dengan kualifikasi sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) untuk mempertimbangkan karir di industri mamin,” kata dia.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com