Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ilustrasi Petani Sawit

Ilustrasi Petani Sawit

Korporasi Pekebun Bisa Tingkatkan Kesejahteraan

Kamis, 26 Agustus 2021 | 10:46 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, Investor.id – Luas garapan pekebun sawit mencapai 6,94 juta hektare atau sekitar 42% dari total luas kebun sawit nasional yang mencapai 16,38 juta hektare. Pada masa lalu, lewat kemitraan dengan perusahaan, pekebun berhasil meningkatkan kesejahteraannya. Keberhasilan ini menjadi cikal bakal untuk membentuk korporasi pekebun sawit pada masa sekarang.

Direktur Tanaman Tahunan dan Penyegar, Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Heru Tri Widarto mengatakan konsep pengembangan korporasi pekebun adalah pekebun terkonsolidasi dalam koperasi dan mendapatkan fasilitas sarana dan prasarana (sarpras). Pekebun juga mendapatkan pembinaan dan pendampingan dari pemerintah dan mitra.

Koperasi pekebun sawit bersama BUMN/Bumdes membentuk PT untuk mengelola korporasi petani dengan swasta sebagai mitra strategisnya.
“Kemitraan harus diperkuat, transparansi menjadi kata kunci dan Pemerintah mewajibkan kemitraan karena TBS pekebun nantinya perlu ada yang menampung,” ujar Heru Tri Widarto.

Untuk menaikkan kelas pekebun sawit, Heru mengatakan pihaknya dengan pembiayaan BPDPKS membuat program pengembangan SDM lewat pendidikan dan pelatihan.

“Pendidikan dan pelatihan merupakan upaya agar pekebun mampu mengelola korporasi, perlu studi lebih lanjut agar korporasi berjalan dengan baik dan sertifikasi ISPO juga penting untuk ketelusuran produk berjalan dengan baik,” jelasnya.

Direktur Penyaluran Dana BPDPKS, Edi Wibowo mengatakan, dana BPDPKS saat ini untuk pekebun dan mendanai Peremajaan Sawit Rakyat (PSR).
“Program riset yang dibiayai BPDPKS juga menjadi salah satu tujuan untuk meningkatkan produktivitas pekebun,” ujar dia dalam acara Indonesian Palm Oil Smallholders Conference, di Jakarta, belum lama ini.

Ketua Umum Popsi, Pahala Sibuaea mendukung pembentukan korporasi pekebun dan meminta segera dipercepat.

Editor : Totok Subagyo (totok_hs@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com