Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Sumber: BSTV

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Sumber: BSTV

Menhub Targetkan Revitalisasi Terminal Tirtonadi Selesai September 2021

Senin, 30 Agustus 2021 | 05:31 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan revitalisasi  Terminal Tipe A Tirtonadi, Solo, Jawa Tengah akan selesai pada September 2021.

Menhub Budi menuturkan, nantinya Terminal Tipe A Tirtonadi akan dilengkapi berbagai fasilitas selain menjadi simpul transportasi, yakni function hall, sport center, food court, dan pusat kesenian.

Menurut dia, langkah menambah fungsi dari terminal ini merupakan upaya pemerintah dalam rangka meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi massal.

"Kami memastikan pembangunan dari Terminal Tipe A Tirtonadi. Karena Terminal Tirtonadi ini akan kita jadikan contoh untuk terminal lainnya," jelas Menhub Budi dalam pernyataan resmi, Minggu (29/8).

Dia mengungkapkan, saat ini angka penumpang bus sedang menurun sehingga perlu adanya pemikiran yang kreatif terkait fungsi apa saja yang dibutuhkan untuk menarik kembali minat masyarakat menggunakan bus.

Dengan adanya penambahan fungsi terminal tersebut, kata Budi, diharapkan berbagai kalangan, baik anak muda, orang tua, hingga penikmat kesenian mau datang ke terminal. Lebih lanjut, langkah ini juga dipercaya dapat meningkatkan perekonomian di wilayah Solo dan sekitarnya.

"Terminal ini dikelola oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui badan layanan umum (BLU) sehingga masyarakat dan swasta bisa menyewa ruang-ruang yang ada di terminal ini. Semoga ini bermanfaat untuk masyarakat sekitar," ungkap Menhub Budi.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan mendukung penuh program Kemenhub dalam rangka pengembangan Terminal Tirtonadi. Harapannya terminal ini bisa menjadi pemicu percepatan ekonomi di Kota Solo.

"Tadi kami telah berdiskusi masalah Terminal Tirtonadi untuk function hall, sport center, dan tempat kegiatan ekonominya. Menjadi hub-nya warga Solo dan sekitarnya. Harapannya pandemi ini bisa segera selesai dan warga bisa beraktifitas kembali dan terminal ini bisa ramai kembali,” ungkap Gibran.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN