Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menparekraf Sandiaga Uno pada peluncuran 5G  Indosat Ooredoo dan pembukaan Nokia 5G Experience Center di Robotic Hall ITS Surabaya, Kamis (16/9/2021). Foto: Amrozi Amenan

Menparekraf Sandiaga Uno pada peluncuran 5G Indosat Ooredoo dan pembukaan Nokia 5G Experience Center di Robotic Hall ITS Surabaya, Kamis (16/9/2021). Foto: Amrozi Amenan

Menparekraf Dukung Tehnologi 5G untuk Pengembangan Ekonomi Digital di Tanah Air

Kamis, 16 September 2021 | 23:19 WIB
Amrozi Amenan (ros_amrozi@yahoo.com)

SURABAYA, investor.id -Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendukung pengembangan teknologi 5G agar bisa memberikan kontribusi bagi ekonomi digital di tanah air dan membuka lapangan tenaga kerja baru.

“Teknologi 5G ini kita dorong untuk merevolusi pelaku industri agar terus memberikan kontribusi terbaik bagi ekonomi digital di tanah air dan membuka lapangan tenaga kerja seluas-luasnya untuk kemajuan bangsa menuju Indonesia Emas 2045,” kata Sandiaga pada peluncuran 5G Indosat Ooredoo dan pembukaan Nokia 5G Experience Center di Robotic Hall ITS, Kamis (16/9/2021).

Sandiaga lebih lanjut memaparkan, lebih dari satu setengah tahun kita menghadapi situasi Vuca (volatity, uncertennity, complexity, ambiguity) yang dipicu oleh pandemi Covid-19. Tapi apa yang terjadi, ternyata teralekserasi inovasi-inovasi baru, digitalisasi hingga tatanan baru ekonomi kita dan yang penting menurut dia adalah akselerasi transformasi yang membawa kita akan jauh lebih efisien dan efektif.

Namun ia menggarisbawahi, bahwa sejalan dengan memanfaatkan peluang secara kreatif teknologi yang hadir, para pelaku dunia usaha harus mampu menghadirkan pemerataan juga. Sebab, ternyata di tengah transformasi digitaliasi ada tantangan ekonomi karena pandemi ini, dimana banyak saudara-saudara kita yang tertinggal teknologi transformasi digitalisasi sehingga menimbulkan gap dengan mereka yang sudah tersentuh teknologi transformasi digitalisasi.

Yang sudah tersentuh semakin hari semakin tinggi, sementara yang belum justri semakin hari semakin sulit. Yang di perkotaan cukup bagus, tapi bagaimana yang di desa dan belum tersentuh dengan sinyal, digitalisasi dan banyak lagi teknologi, termasuk mereka di desa wisata dan desa kreatif.

“Oleh karena itu saya mendukung teknologi 5G yang tergolong pesat ini. Kita harus maksimalkan sebisa mungkin untuk membuka lapangan kerja agar Indonesia bisa sejahtera adil, makmur dan merata,” ungkap Sandiaga.

Ia juga menyatakan keinginannya agar pandemi ini juga membawa transformasi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal yang selama ini belum bisa memanfaatkan teknologi dan digitaliasi.  Sehingga transaksi e-comerce yang terus meningkat sampai angka Rp 266,3 triliun pada tahun lalu itu juga membuka peluang bagi pelaku UMKM.

“Indonesia ini luar biasa, di Asean ekonomi digital kita yang ada Kemenperaf sudah menunjukkan pangsa 40 persen dan kita lihat bahwa sektor-sektor digital media justru meningkat ditengah pandemi dan kontribusi ekonomi kreatif Indonesia sekarang posisinya tiga  besar dunia setelah Amerika dan Korea. Indonesia sekarang alhamdulillah sudah masuk dengan lebih Rp 1.100 triliun pada PDB kita,” ujarnya.

Namun demikian, sejauh ini ada masalah yang mendasar terutama terkait dengan video game dan ini sangat dibutuhkan intervensi dari teknologi 5G karena video game itu merupakan hal yag sangat dibutuhkan oleh anak-anak muda dan 60 juta gamers yang ada di Indonesia.

Selama ini, gaming besar masih didominasi produk-produk dari luar negeri dan karena itu Sandiaga ingin industri kreatif dan digital kita menumbuh kembangkan peran dari arficial intelegent dengan pendekatan baru yaitu visual effect yang dihasilkan oleh anak-anak bangsa.

“Saya titip kepada ITS dan pemangku kepentingan disini agar tingkat dampak distribusi video game dan industri gaming dan aplikasi ini lebih menyentuh pada talenta terbaik di Indonesia. Teknologi harus kita maksimalkan agar perekonomian pulih Indonesia dan bisa bangkit lagi,” pungkas Sandiaga.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN