Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pekerja dengan alat berat mengerjakan pembangunan MRT Jakarta fase 2A di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Foto:  BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

Pekerja dengan alat berat mengerjakan pembangunan MRT Jakarta fase 2A di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

MRT Jakarta Ganti dan Relokasi 252 Pohon Terdampak Proyek Fase 2A

Senin, 18 Oktober 2021 | 10:09 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - PT MRT Jakarta (Perseroda) mencatat 252 pohon terdampak pembangunan proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta Fase 2A paket CP203. Setiap pohon yang terdampak akan diganti ataupun direlokasi untuk ditanam kembali.

"Selama proses pembangunan CP203 MRT Jakarta fase 2A, secara keseluruhan terdapat 252 pohon yang terdampak dengan komposisi sebanyak 139 pohon di Stasiun Glodok dan 113 di Stasiun Kota. Setiap pohon yang terdampak akan diganti dan direlokasi untuk ditanam kembali serta dilestarikan demi pelestarian lingkungan yang berkelanjutan," kata Plt Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo dalam keterangan resmi, Senin (18/10).

Adapun paket kontrak CP203 merupakan salah satu segmen pekerjaan konstruksi MRT Jakarta fase 2A dengan cakupan pekerjaan pembangunan Stasiun Glodok dan Stasiun Kota serta terowongan bawah tanah mulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua sepanjang 1,4 km.

Pekerja mengerjakan pembangunan MRT Jakarta fase 2A di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (1/6/2021).  Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao
Pekerja mengerjakan pembangunan MRT Jakarta fase 2A di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Foto: BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao

"Tim konstruksi CP203 MRT Jakarta saat ini sedang melakukan pekerjaan persiapan konstruksi bersama dengan kontraktor pelaksana Sumitomo Mitsui Construction Company - Hutama Karya Joint Operation (SMCC-HK JO)," terang Ahmad.

Dia melanjutkan bahwa sebanyak 166 pohon terdampak pembangunan akan diganti, terdiri dari 116 pohon yang terdampak pembangunan Stasiun Glodok serta 50 pohon terdampak pembangunan Stasiun Kota.

"Terdapat 1.660 pohon pengganti yang perlu ditanam kembali dengan spesifikasi yang telah ditentukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tercatat sampai dengan 12 Oktober 2021 telah dilakukan penanaman sejumlah 473 pohon pengganti," sebut Ahmad.

Dia mengatakan, sejumlah 86 pohon, yang terdiri dari 23 pohon terdampak pembangunan Stasiun Glodok dan 63 terdampak pembangunan Stasiun Kota akan direlokasi. Adapun lokasi penanaman pohon dilakukan di Jl. Ciputat Raya Jakarta Selatan pada lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan di lokasi lain yang akan ditentukan oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta.

"PT MRT Jakarta senantiasa mendukung upaya pemerintah dalam menjaga ketahanan dan kelangsungan lingkungan dengan memastikan pekerjaan konstruksi yang dilakukan tetap mematuhi peraturan yang berlaku," tutup Ahmad.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN