Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menkeu Sri Mulyani. Foto: IST

Menkeu Sri Mulyani. Foto: IST

Menkeu: Indonesia Berjuang Raih Herd Immunity Akhir Tahun

Selasa, 26 Oktober 2021 | 13:21 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan, pemerintah Indonesua masih berupaya untuk mempercepat target vaksinasi untuk mengejar target kekebalan kelompok (herd immunity) 70% dari total populasi hingga akhir tahun 2021.  

“Artinya, kita harus memvaksin sekitar 2,5 juta vaksinasi per hari. Angka yang sangat besar dan tentunya juga menantang di tengah situasi geografis Indonesia,” kata Menkeu, dalam  The 7th IIMEFC& The 13th ICIEf, Selasa (26/10).

Ia menjelaskan bahwa vaksinasi merupakan kunci pemulihan ekonomi Indonesia, di samping penerapan protokol kesehatan (prokes) dan adaptasi kebiasaan baru. Pasalnya, apabila Covid-19 terkendali, aktivitas kegiatan sosial, keagamaan dan  ekonomi dapat kembali pulih.

Karena itu, untuk mengejar target vaksinasi, sinergi dan koordinasi akan terus diperkuat antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

“Tapi, inilah tantangan yang akan terus berlanjut di Indonesia dan mixed (kebijakan) dengan upaya dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,”tuturnya.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, hingga  23 Oktober 2021, Indonesia masuk posisi keenam sebagai negara dengan jumlah vaksinasi satu dan komplit terbanyak di dunia, atau sudah mencapai 180,54 juta.

Rinciannya, vaksinasi dosis pertama sudah mencapai 112,27 juta, atau 41,55% dari total populasi. Dosis kedua mencapai 67,17 juta, atau 24,86% dari populasi. Sedangkan vaksinasi sampai ketiga (booster) 1,10 juta, atau 0,41% dari total populasi.

Ekonomi Pulih

Lebih lanjut, Menkeu menyampaikan strategi pemerintah dalam mengelola dan mengendalikan pandemi Covid-19 varian Delta sangat efektif . Hal ini berimplikasi positif terhadap geliat kinerja ekonomi Indonesia yang berangsur membaik sejak akhir Agustus 2021.

“Alhamdulillah, ekonomi Indonesia sekarang juga menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Karena kemampuan mengelola tren peningkatan Covid-19 Delta varian dalam waktu yang sangat efektif dan relatif singkat, Indonesia dapat menyaksikan sekarang normalisasi aktivitas,” tuturnya.

Pemulihan ekonomi juga tercermin dari capaian pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 mencapai 7,07% yoy. Pencapaian ini sudah melampaui tingkat sebelum terjadi Covid-19. Perbaikan ekonomi ini didorong oleh beragam pemulihan dari sisi konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah, serta sisi eksternal, seperti ekspor.

Menkeu pun berkomitmen akan memastikan semua kebijakan yang dilakukan pemerintah diarahkan untuk penanganan pandemi Covid-19, khususnya mengatasi tantangan kesehatan. 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN