Menu
Sign in
@ Contact
Search
Ketua Bidang Komunikasi Gapki Topan Mahdi dan Pemred Berita Satu News Channel Primus Dorimulu dipandu moderator Jurnalis TV Senior Bekti Nugroho
saat Sharing Session with Gapki bertema Industri Kelapa Sawit dan Tantangan Jurnalisme Kritis yang Berkualitas  Diskusi diselenggarakan dalam rangkaian Kongres VI Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) secara hybrid di Lombok, 29 - 31 Oktober. Foto: .Youtube

Ketua Bidang Komunikasi Gapki Topan Mahdi dan Pemred Berita Satu News Channel Primus Dorimulu dipandu moderator Jurnalis TV Senior Bekti Nugroho saat Sharing Session with Gapki bertema Industri Kelapa Sawit dan Tantangan Jurnalisme Kritis yang Berkualitas Diskusi diselenggarakan dalam rangkaian Kongres VI Ikatan Jurnalis Televisi (IJTI) secara hybrid di Lombok, 29 - 31 Oktober. Foto: .Youtube

Desember, 100% Anggota Gapki Raih Sertifikat ISPO

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 13:22 WIB
Tri Listiyarini (redaksi@investor.id) ,Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com ) ,Ester Nuky (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Gapki terus mendorong adopsi prinsip environmental, social and governance (ESG) di sektor kelapa sawit di Tanah Air. Perkebunan milik sekitar 750 pengusaha anggota Gapki dipastikan 100% sudah mendapat Sertifikasi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (ISPO) pada akhir Desember nanti.

Sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) ini sudah ditingkatkan paying hukumnya, dengan diterbitkannya Perpres Nomor 44 Tahun 2020 tentang Sistem Sertifikasi Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (ISPO). Semula, standar sistem usaha perkebunan kelapa sawit yang layak ekonomi, sosial, dan ramah lingkungan berdasarkan peraturan perundangan di Indonesia ini hanya diatur oleh peraturan menteri (permen).

Sawit Primadona Indonesia
Sawit Primadona Indonesia

Ketua Bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Tofan Mahdi mengatakan, komitmen pemerintah untuk adopsi ESG di industri kelapa sawit sudah sangat kuat. Hal ini salah satunya tercermin pada sangat banyaknya aturan yang harus dipenuhi, termasuk tentang aspek keberlanjutan.

“Industri sawit merupakan satu sektor yang highly regulated, sangat banyak sekali aturan. Salah satu komitmen yang paling nyata dari pelaku usaha sawit dan pemerintah RI terkait dengan ESG, aspek keberlanjutan, sudah ada ISPO, bahkan yang awalnya payung hukum peraturan menteri pertanian, diperkuat dengan sudah ada kepres dan perusahaan sawit Indonesia harus ikut sertifikasi.

Produksi CPO RI versus Malaysia dan global
Produksi CPO RI versus Malaysia dan global

Gapki, yang memiliki sekitar 750 anggota dari total sekitar 3.000 pengusaha sawit, sampai Desember tahun ini punya komitmen 100% anggota sudah ISPO,” ujar Tofan dalam sharing session “Industri Kelapa Sawit dan Tantangan Jurnalisme Kritis yang Berkualitas”, pada Jumat 29 Oktober 2021.

Diskusi ini merupakan rangkaian Kongres VI Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTi) secara hybrid (offline dan online) di Lombok, yang berlangsung 29-31 Oktober 2021. Narasumber lain dalam diskusi tersebut adalah Pemred Berita Satu News Channel Primus Dorimulu. Sedangkan sebagai moderator adalah jurnalis TV senior Bekti Nugroho.

Tren harga CPO Global
Tren harga CPO Global

Primus menuturkan, industri kelapa sawit di Indonesia sangat diharapkan menerapkan ESG, tidak cukup lagi hanya good corporate governance (GCG) seperti dulu.

“Sekarang semua pelaku bisnis termasuk banking atau finance yang lain, harus memperhatikan environmental juga, menjaga agar bumi kita tidak makin panas,” katanya.

Primus juga menjelaskan, sektor sawit ini memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian, menyumbang sekitar 3,5% produk domestik bruto (PDB) kita yang sekitar Rp 15.434,2 triliun atau US$ 1,06 triliun tahun 2020, berdasarkan data BPS.

Sedangkan penyerapan tenaga kerjanya mencapai 17 juta secara langsung maupun tidak langsung, atau sekitar 12,3% dari total angkatan kerja RI.

Baca selengkapnya di e-paper Investor Daily https://subscribe.investor.id/

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com