Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah

Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah

2022, Kemenkop UKM Hadirkan Sistem Data Tunggal tentang UMKM

Jumat, 3 Desember 2021 | 17:18 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id  - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) sedang membangun sistem informasi data tunggal tentang jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM). Sistem ini diperkirakan akan selesai dibangun pada tahun 2022. Pemerintah sendiri menargetkan untuk pertumbuhan wirausaha sebesar 781.100 wirausaha di tahun 2021

“Tahun depan diharapkan sudah ada semua pengumpulan data itu sudah jadi atau sudah terkumpul dalam satu sistem.  Ini yang akan menjadi satu basis seberapa besar  wirausaha kita. Itulah cara kami memonitor karena data tersebut harus diupdate secara rutin,” ucap Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Siti Azizah kepada awak media dalam konferensi pers secara daring pada Jumat (3/12).

Rencana Kerja Pemerintahan Tahun 2021, penguatan Kewirausahaan, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi masuk dalam Prioritas Nasional 1 yaitu Memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan yang berkualitas dan berkeadilan, dengan sasaran Prioritas Nasional (PN) adalah Rasio Kewirausahaan Nasional Tahun 2021 sebesar 3,55% dengan baseline Rencana Kerja Pemerintah  (RKP) tahun 2020 adalah 3,30% dengan data penduduk Indonesia Tahun 2019 sebanyak 267 juta jiwa.  Target rasio kewirausahaan pemerintah pada tahun 2024 sebesar 3,95 %, ini setara dengan 11,2 juta orang atau 17,45% dari seluruh pelaku UMKM.

Kementerian Koperasi dan UKM telah menyusun Rancangan Peraturan Presiden tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional.  "Perpres ini dirancang dengan semangat perbaikan kualitas pertumbuhan ekonomi, iklim usaha yang baik, perluasan kesempatan kerja dan peningkatan daya saing," ucap Azizah.

Sehingga, perlu didorong percepatan penumbuh-kembangan wirausaha yang inovatif dan berkelanjutan.  Selain itu, Rperpres ini juga disusun dalam rangka mensinergikan dan memperkuat koordinasi program lintas sektor antara Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah sehingga dapat menjadi kebijakan tunggal yang menjadi pedoman bersama.

“Dalam lampiran Rperpres juga terdapat wirausaha tematik. yaitu, kewirausahaan memiliki karakteristik yang beragam sesuai dengan motif, karakteristik pelaku, skala usaha dan bidang usahanya yang terdiri dari wirausaha sosial, wirausaha teknologi, wirausaha pemuda, hingga wirausaha perempuan serta tak terkecuali wirausaha desa dengan kelompok sasaran masyarakat umum, calon wirausaha, wirausaha pemula dan wirausaha mapan," tandas Azizah. 

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN