Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Kadin Libatkan UMKM dalam Forum B20

Selasa, 18 Januari 2022 | 23:33 WIB
Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang ditunjuk sebagai penyelenggara Forum B20 yakni kelompok yang mewakili komunitas bisnis di negara-negara G20 memastikan akan melibatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Hal tersebut dilakukan Kadin karena UMKM lebih sesuai dengan isu-isu negara emerging market atau negara berkembang di mana Indonesia kali ini ditunjuk sebagai tuan rumah.

Adapun rangkaian kegiatan B20 Summit Indonesia akan dimulai pada 27-28 Januari 2022, dan puncaknya di November 2022. Forum dan event B20 Summit akan diikuti banyak perusahaan global dari 40 negara.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid yang juga Ketua Dewan Penasihat B20 Indonesia mengatakan, Forum B20 tetap akan menyelaraskan dengan tema Forum G20 yakni transformasi digitalisasi, transisi energi, dan perbaikan sektor kesehatan.

Namun karena Indonesia sebagai negara berkembang atau emerging country pertama yang menjadi tuan rumah dari G20 dan B20 maka isu soal UMKM juga akan dibawa dalam forum tersebut, sehingga pembahasan mengenai bisnisnya akan lebih mencakup semua pihak.

"Bagaimana UMKM bisa menjadi bagian dari agenda besar ini karena peran UMKM sangat penting bagi emerging market. Sehingga forum ini bisa juga dirasakan dan ikuti oleh semua, bukan saja sebagai pertemuan pebisnis elit, yakni bisa membawa investasi, membuka peluang pekerjaan, tak hanya pariwisata, dunia UMKM juga," kata Arsjad dalam Media Briefing, Selasa (18/1).

Dia menambahkan, penyelenggaraan ini nantinya juga akan melibatkan Kadin daerah untuk ikut serta. Menurut dia, yang paling utama bagaimana G20 dan B20 bisa kolaborasi, karena kaitannya sangat kental. "Kebijakannya memang nanti ada di G20, tapi juga ada masukan dari B20," ujar dia.

Sementara itu, Koordinator Wakil Ketua Umum III Kadin Indonesia Shinta Kamdani yang juga menjabat sebagai Ketua B20 Indonesia juga menjamin UMKM bakal terlibat dalam gelaran forum tersebut. Akses pendukung untuk UMKM akan jadi isu yang diprioritaskan dalam agenda itu.

"Ini bukan hanya untuk kalangan bisnis, tapi seluruh masyarakat Indonesia. Isu UMKM akan kami bawa, dimana sebelumnya UMKM ini tidak banyak dibicarakan, tertinggal dari agenda negara-negara maju," ujar Shinta.

Editor : Aris Cahyadi (aris_cahyadi@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN