Menu
Sign in
@ Contact
Search

×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
PT Biro Klasifikasi Indonesia dukung keselamatan dan keamanan transportasi sungai dan danau. Foto: IST

PT Biro Klasifikasi Indonesia dukung keselamatan dan keamanan transportasi sungai dan danau. Foto: IST

BKI Dukung Keselamatan Transportasi Sungai dan Danau

Rabu, 26 Januari 2022 | 19:07 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI berpartisipasi dalam webinar yang digelar bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub), BKI, PT ASDP Indonesia Ferry, PT Jasa Raharja, dan PT Jasa Raharja Putera pada 25 Januari 2022. Webinar bertajuk Konsolidasi Nasional Keselamatan dan Keamanan Pelayaran Transportasi Sungai dan Danau.

Dalam webinar yang dibuka Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi ini, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi menyampaikan bahwa pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan lembaga termasuk juga dari seluruh operator memiliki peran menyangkut masalah aspek keselamatan di sungai danau dan juga di beberapa bendungan.

Baca juga: PKPU Diperpanjang, Apa Dampaknya terhadap Operasional Penerbangan Garuda (GIAA)?

“Tujuan dari kegiatan ini adalah yang pertama melakukan sosialisasi terkait kebijakan pemerintah dalam penyelenggaraan transportasi sungai dan kemudian menyatukan persepsi tentang pentingnya keselamatan dan keamanan pelayanan transportasi sungai dan danau,” tambah Budi Setiyadi dalam keterangan resmi, Rabu (26/1).

Senada dengan itu, Direktur Utama BKI Rudiyanto memaparkan, sistem register kapal menjadi sangat penting karena dengan sistem tersebut database aktivitas kapal dapat diakses oleh pemerintah, pemilik kapal, atau kapal lainnya.

“Saat ini kapal memang harus melakukan registrasi, sesuai dengan klasifikasi berdasarkan kriteria. Kriteria pertama adalah kapal dengan ukuran panjang 20 m atau lebih. Kedua, kapal dengan masing-masing sisi berukuran 100 cm atau lebih atau yang digerakkan dengan tenaga penggerak utama,” ujar Rudiyanto.

Baca juga: 4.000 Daerah Aliran Sungai Harus Dipulihkan, Ini Dukungan BKI

Lebih lanjut, Rudiyanto menambahkan, BKI selaku induk holding jasa survei (IDSurvey) akan selalu mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan.

Dukungan BKI berupa penyerahan secara simbolis 200 alat keselamatan (life jacket) dari total 783 life jacket dan 50 lifebuoy yang dibagikan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran transportasi sungai dan danau. Selain itu, BKI ikut menandatangani deklarasi keselamatan dan keamanan pelayaran transportasi sungai dan danau.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN