Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Menteri Investasi/ Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Foto: Investor Daily/Primus Dorimulu

Kementerian Investasi/BKPM Selesaikan Investasi Mangkrak Rp 558,7 Triliun

Kamis, 17 Februari 2022 | 18:42 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya sudah menyelesaikan investasi yang mangkrak hingga Rp 558,7 triliun atau 78,9% dari total investasi mangkrak yang mencapai Rp 708 triliun.

“Dalam hal ini, semua proses perizinan hingga insentif sudah selesai. Bahkan sebagian sudah mau konstruksi,” kata Bahlil dalam pertemuan dengan BeritaSatu Media Holdings, Kamis (17/2).

Baca juga: Bahlil: Nilai Investasi Hilirisasi Batu Bara Capai Rp 33 Triliun

Kementerian Investasi/BKPM tidak hanya memfasilitasi permasalahan investasi besar, tetapi juga investasi menengah dan kecil. Dia menegaskan, pihaknya menemukan banyak kendala saat menyelesaikan perizinan untuk investasi-investasi tersebut. Misalnya, saat menyelesaikan perizinan investasi untuk PT Lotte Chemical. Masalah perizinan bukan terjadi di BKPM, tetapi ada pihak lain yang menghambat perizinan. Nilai investasi dari Lotte Chemical sendiri mencapai Rp 52,9 triliun.

“Ironisnya ini terjadi kongkalikong, main di bawah. Kami sudah ok ternyata yang tidak punya jabatan main barang ini,” ucap Bahlil.

Baca juga: Bahlil: Investasi Jangan Hanya Dilihat dari Sisi Nominal

Kementerian Investasi/BKPM sudah berupaya menyelesaikan investasi yang mangkrak tersebut sejak 2019. Bahlil mengatakan, bila investasi ini tidak diselesaikan pada 2022, ini menunjukkan bahwa investor tersebut memang tidak serius untuk investasi di Indonesia. “Kita sudah dekati terus, agak sulit kalau kita mengejar sesuatu yang hampa,” imbuh Bahlil.

Sebagai informasi, pada tahun 2022, pemerintah menargetkan realisasi investasi dapat mencapai Rp 1.200 triliun. Jumlah ini meningkat 33% dari target investasi 2021 yang sebesar Rp 900 triliun. Sedangkan untuk tahun 2023, pemerintah menargetkan realisasi investasi mencapai Rp 1.800 triliun.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com