Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Direktur Eksekutif Gapki Mukti Sardjono

Direktur Eksekutif Gapki Mukti Sardjono

Ekspor CPO Dibuka, Gapki Masih Tunggu Regulasi

Senin, 23 Mei 2022 | 15:00 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Mukti Sardjono mengatakan, meski pemerintah telah membuka kembali kegiatan ekspor minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) dan produk olahannya mulai 23 Mei 2022, hal tersebut belum bisa dilakukan oleh para pengusaha kelapa sawit. Pasalnya, hingga saat ini kebijakan terkait hal tersebut belum dikeluarkan oleh pemerintah.

“Permendag-nya (Peraturan Menteri Perdagangan) belum keluar, jadi kita masih menunggu regulasinya dulu,” kata Mukti Sardjono saat dikonfirmasi Beritasatu.com, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Airlangga Bahas Perdagangan hingga Rencana Kerjasana Investasi Arab Saudi

Mukti mengatakan, rencananya hari ini akan ada kegiatan sosialisasi yang dilakukan Kemendag terkait regulasi ekspor CPO dan produk turunanya. Apabila nantinya regulasi tersebut diterbitkan hari ini, Mukti mengatakan pengusaha kelapa sawit tidak bisa langsung melakukan kegiatan ekspor karena ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan.

“Tentunya kita menunggu regulasinya, harus jelas dulu. Kemudian juga ada proses-prosesnya, misalnya mempersiapkan kapal pengangkutnya dan yang lain. Jadi tergantung kesiapan masing-masing perusahaan,” kata Mukti.

Baca juga: Ini Aturan Baru KTP, Nama Minimal 2 Kata, Maksimal 60 Huruf dan Tanpa Gelar

Di kesempatan sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyampaikan, untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi untuk membuka kembali keran ekspor CPO dan produk olahannya, Kemendag akan mencabut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22 Tahun 2022 tentang Larangan Sementara Ekspor Crude Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized (RBD) Palm Oil, RBD Palm Olein, dan used cooking oil.

“Sesuai arahan bapak presiden, ekspor CPO dan turunannya akan mulai dibuka kembali tanggal 23 Mei 2022 yang akan diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan. Hal-hal yang akan diatur mencakup aturan-aturan terkait, tetapi tidak terbatas pada eksportir terdaftar, ketentuan domestic market obligation (DMO) dan turunanya, serta mekanisme pengawasan dengan melibatkan aparat penegak hukum,” kata Mendag.

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN