Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Inkopontren teken kerja sama dengan pengusaha Rusia. (Foto: Ist)

Inkopontren teken kerja sama dengan pengusaha Rusia. (Foto: Ist)

Disaksikan Menteri Sandiaga, Inkopontren Teken Kerja Sama dengan Pengusaha Rusia

Selasa, 21 Juni 2022 | 08:26 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Ketua Umum Induk Koperasi Pondok Pesantren (Inkopontren) Mohamad Sukri didampingi oleh Sekretaris Umum Hapi Zajuli dan Bendahara Umum Inkopontren Muhammad Azhari menerima kunjungan mitra bisnis dari Rusia yang dipimpin oleh Muftie Rusia, Shaik Albir Krganov. Kunjungan delegasi Rusia tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama yang disaksikan langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno.

Menteri Sandiaga mengharapkan agar potensi kerja sama antara Inkopontren dan delegasi Rusia dapat berkesinambungan, meliputi pengembangan pariwisata religi tempat-tempat bersejarah dari kedua negara.

Advertisement

Baca juga: Jasa Marga (JSMR) Targetkan Konstruksi Tol Terpanjang di RI Dimulai Kuartal II-2023

“Pengembangan pariwisata religi termasuk di tempat-tempat bersejarah dari kedua negara, termasuk juga diantaranya pengembangan kapasitas intelektual dan ilmiah dari masyarakat Muslim di sana,” ujar Menteri Sandiaga pada penandatanganan kesepakatan bersama, akhir pekan lalu di Jakarta.

Dia berharap kerja sama ini berkembang pada sektor-sektor yang lain, menguntungkan bagi kedua negara.

Ketua Inkopontren, Muhammad Syukri mengatakan, Inkopontren melihat potensi bisnis melalui kesamaan budaya dan sumber daya islami.

“Banyak sekali wilayah Rusia yang memiliki kesamaan budaya religi dengan Indonesia. Tentunya ini akan kita manfaatkan semaksimal mungkin. Contoh kongkretnya pertukaran SDM,” ungkapnya.

Menurutnya, kerja sama tersebut bakal menyasar segmentasi lainnya di kalangan pondok pesantren. Di antaranya, penciptaan dan pengembangan program pertukaran para pelajar antara Indonesia dan Federasi Rusia di perguruan tinggi agama islam serta pemberian bantuan kepada para mahasiswa untuk mendapat pengalaman ekonomi praktis di perusahaan-perusahaan kedua negara.

Kerja sama di bidang ekonomi juga menyepakati adanya dukungan melalui ekspor/impor barang produksi energi hijau, ekspor/impor barang produksi ekonomi kreatif, pemberian bantuan sertifikasi hasil produksi pertanian dan peternakan dengan standar religi serta dukungan pemasaran hasil perikanan.

Sementara, Sekretaris Umum Inkopontren, Hapi Zajuli mengatakan, potensi kerja sama dengan Rusia tidak hanya menguntungkan dari sisi ekonomi, namun bisa berkembang pada kerja sama budaya dan pendidikan. “Hal ini mengingat, Rusia sebagai negara federasi punya banyak kesamaan dengan Indonesia dimana pendidikan ala pesantren, termasuk pemberdayaan sumber daya manusianya diterapkan di sana,” pungkasnya.

Baca juga: Menangkan PKPU, Waskita Beton Precast (WSBP) Masuki Babak Baru Pemulihan Kinerja

Delegasi Rusia yang dipimpin Miftie Rusia Shaik Albir Krganov membawa perusahaan pengelola makanan OOO TD Emiz dari Republik Tatarstan Rusia. Adapun delegasi Indonesia diwakili pengurus Inkopontren dan perwakilan Kementerian Luar Negeri serta jajaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Editor : Theresa Sandra Desfika (theresa.sandra@investor.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN