Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sebanyak tiga anggota holding BUMN jasa survey, IDSurvey, menyalurkan bantuan TSJL ke Desa Papagarang, NTT, yang masuk kriteria 3T.  (ist)

Sebanyak tiga anggota holding BUMN jasa survey, IDSurvey, menyalurkan bantuan TSJL ke Desa Papagarang, NTT, yang masuk kriteria 3T. (ist)

Anggota IDSurvey Berkolaborasi Salurkan Bantuan ke Desa 3T

Rabu, 6 Juli 2022 | 19:07 WIB
Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

JAKARTA, Investor.id – Sebanyak tiga anggota holding BUMN jasa survey, IDSurvey, menyalurkan bantuan tangung jawab sosial dan lingkungan (TSJL) berupa  pengadaan air bersih, penyambungan listrik baru, fasilitas MCK, dan buku bacaan siswa untuk Desa Papagarang, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Desa ini masuk kriteria wilayah terdepan, terluar, dan terpencil (3T).

IDSurvey terdiri atas PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia. Peresmian bantuan TJSL tersebut dilakukan oleh Deputi Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (KBUMN) Tedi Bharata, didampingi oleh Direktur Utama Biro Klasifikasi Indonesia Rudiyanto, Direktur Utama Sucofindo Mas Wigrantoro Roes Setiyadi, dan Direktur Utama Surveyor Indonesia M. Haris Witjaksono.

Advertisement

Tedi Bharata mengatakan, berdasarkan arahan Menteri BUMN Erick Thohir, TJSL BUMN harus terintegrasi, terarah, dan akuntabel. “Dengan kolaborasi antarBUMN, diharapkan TJSL BUMN dapat menjangkau lebih luas dan terintegrasi. Program TJSL itu dampaknya harus terasa dan berkelanjutan, tidak bisa sembarang beri program. Perlu perhatikan mana yang memberikan dampak baik dan berkelanjutan,” kata dia dalam keterangan resmi, Rabu (6/7/2022).

Dia menuturkan, Kementerian BUMN memiliki komitmen bersama untuk menyediakan sarana air bersih dan sanitasi layak di daerah 3 T (terdepan, terluar, dan terpencil).

Sementara itu, Rudiyanto mengatakan, IDSurvey sesuai arahan Kementerian BUMN melakukan seleksi pemberian bantuan dengan focus daerah 3 T. Setelah dievaluasi, pulau Papagarang memenuhi kriteria tersebut.

Melalui kolaborasi tiga BUMN Jasa Survei, dia menyatakan, diadakan program TJSL di Desa Papagarang. Ke depan, IDSurvey akan selalu memprioritaskan program-program TJSL lainnya untuk masyarakat di daerah lain yang membutuhkan perhatian.

Rudiyanto menyatakan, kolaborasi IDSurvey kali ini meliputi lima program yang mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals (SDGs). Pertama, program Indonesia terang yang mendukung SDGs nomor tujuh terkait energi bersih dan terjangkau, lalu program air sumber kehidupan dan program penyediaan sarana MCK yang mendukung SDGs nomor enam terkait air bersih dan sanitasi layak. Terakhir, program literasi buku sebagai jendela informasi dan program peduli guru honorer yang mendukung SDGs nomor empat terkait Pendidikan berkualitas.

Mas Wigrantoro menambahkan, IDSurvey membantu Desa Papagarang, lantaran sumber air bersihnya sangat terbatas. IDSurvey memberikan bantuan fasilitas air bersih. Adapun fasilitas tersebut berupa  bantuan rumah mesin SWRO (sea water reverse osmosis) lengkap dengan genset.

Mesin SWRO digunakan untuk melakukan pengolahan air laut (desalinasi) menjadi air tawar. Selain itu, disiapkan pipa untuk menyalurkan air ke beberapa titik komunal yang mendekati rumah-rumah warga. Air bersih dimanfaatkan oleh 400 kepala keluarga, 1.530 jiwa, dan 390 rumah.

M. Haris Witjaksono mengatakan, program ini mendukung ketersediaan infrastruktur berupa listrik dan air, sehingga masyarakat Desa Papagarang dapat mengakses ketersediaan energi listrik dan air yang diharapkan berdampak  pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN