Menu
Sign in
@ Contact
Search
KTT Youth 20 (Y20) Summit Indonesia 2022, di Hotel Shangri La Jakarta, Selasa (19/7/2022).

KTT Youth 20 (Y20) Summit Indonesia 2022, di Hotel Shangri La Jakarta, Selasa (19/7/2022).

Ini Pesan Ketua Umum Kadin di Y20 Summit

Selasa, 19 Juli 2022 | 22:46 WIB
Zsazya Senorita (redaksi@investor.id)

JAKARTA, investor.id – Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid mengemukakan, pemuda bisa membantu pencapaian kelestarian alam, salah satunya melalui berbagai usaha rintisan (start-up).

Ia berharap, pemuda mampu menemukan cara menekan biaya dalam upaya transisi energi, termasuk peralihan penggunaan ke energi baru terbarukan (EBT). Pemuda dipercaya dapat menemukan solusi dari masalah tersebut dengan memanfaatkan digitalisasi serta revolusi industri dengan teknologi yang ada.

Sebab menurut Arsjad, apapun bentuk upaya menuju ekonomi hijau, tidak bisa dilakukan tanpa modal. “Jadi, bagaimana menekan biaya itu yang harus ditemukan. Harapannya, start-up dan pengusaha pemula bisa mengintervensi hal tersebut, bagaimana cara memecahkan masalah ini (biaya),” tegas dia, usai menjadi pembicara talkshow ‘Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni’ dalam KTT Youth 20 (Y20) Summit Indonesia 2022, di Hotel Shangri La Jakarta, Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Di Y20, Menteri Sandiaga Sampaikan Peran Penting Anak Muda dalam Perekonomian

Di sisi lain, Arsjad menganggap pendidikan juga menjadi hal penting dalam membentuk masyarakat yang memahami nilai-nilai cinta bumi, serta keberlanjutan dan kelestarian alam. Pembentukan pola pikir ini, menurut Arsjad, penting untuk ditanamkan ke generasi penerus, mulai dari tingkat pendidikan awal misalnya taman kanak-kanak.

“Apabila tidak ada upaya se-awal mungkin maka umat manusia tidak akan berubah. Tanpa pendidikan kita tidak bisa mengubah visi, nilai, dan arah tindakan yang tepat,” tegasnya.

Arsjad yakin pemerintah dapat mencapai target Indonesia emas pada 2045, didukung keberadaan ibu kota baru di Kalimantan yang lebih ramah lingkungan. Antara lain karena menggunakan sejumlah pembangkit tenaga listrik dari EBT, seperti energi surya dan air.

Sementara itu, Managing Director World Bank Mari Elka Pangestu mendorong peran pemuda untuk memanfaatkan berbagai sektor perekonomian hijau dan menangkap permintaan atas transisi menuju EBT. Termasuk, mendorong pemuda untuk berkontribusi mencapai dekarbonisasi dan merencanakan investasi modal yang terintegrasi di sektor perekonomian.

Baca juga: Y20 Summit: BUMN Ambil Peran Kembangkan Generasi Muda

“Jadi, banyak sekali peluang dan kesempatan. Namun yang diperlukan adalah political will dan dukungan dari semua pihak dari sektor finansial dan bank-bank multilateral. Begitu juga pemuda yang harus memastikan Indonesia tetap berada di jalur tepat ini. Sebab Indonesia punya peluang untuk mencapai pembangunan yang tangguh dan inklusif,” tutur Mari.

Ia pun mengapresiasi peran pemuda khususnya pada Y20 karena pemuda adalah masa depan. Mari berterima kasih karena Y20 telah mengingatkan semua pihak dan menyerukan berbagai dorongan kepada para pemimpin negara untuk memenuhi janji menciptakan bumi yang lebih baik.

Menurut dia, upaya yang dilakukan pada Y20 penting karena kondisi alam saat ini telah mendesak untuk diperbaiki. Antara lain ditunjukkan dengan perubahan cuaca ekstrem hingga pandemi Covid-19.

Editor : Jauhari Mahardhika (jauhari@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com