Menu
Sign in
@ Contact
Search
Komisioner BP Tapera, Adi Setianto berikan sambutan dalam acara Focuss Group Discussion (FGD) dengan tema,

Komisioner BP Tapera, Adi Setianto berikan sambutan dalam acara Focuss Group Discussion (FGD) dengan tema, "BP Tapera Hadirkan Rumah Pertama yang Layak dan Terjangkau bagi Peserta.

Kata Adi Setianto, BP Tapera Telah Salurkan 145.413 Unit Rumah

Senin, 26 September 2022 | 16:58 WIB
Imam Muzakir (redaksi@investor.id)

JAKARTA, Investor.id - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menyebutkan bahwa, pihaknya telah menyalurkan 145.413 unit rumah sampai dengan bulan September 2022.

Komisioner BP Tapera, Adi Setianto mengatakan, saat ini BP Tapera telah menyalurkan akad pembiayaan Tapera sebanyak 2.868 unit senilai Rp428,87 miliar, pengembalian tabungan dalam periode yang sama sebanyak 77.775 peserta senilai Rp296,94 miliar. Sedangkan dari FLPP telah tersalurkan dalam periode yang sama sebanyak 142.545 unit senilai Rp15,84 triliun.

“Semua manfaat dari pembiayaan perumahan ini akan bisa dinikmati oleh para peserta tapera, untuk itu kami harapkan untuk segera menjadi anggota Tapera dan segera lakukan pemutakhiran data,” ungkap Adi Setianto, dalam keterangannya, Senin (26/9/2022)

Adi menjelaskan, kehadiran BP Tapera ini untuk memenuhi amanah yang diemban dalam menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang yang berkelanjutan untuk pembiayaan perumahan berdasarkan UU nomor 4 tahun 2016, BP Tapera memiliki program pembiayaan perumahan yang berwujud Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) bagi para pesertanya.

Program tersebut berupa pembiayaan jangka panjang yang dapat diberikan dalam bentuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Bangun Rumah (KBR) dan Kredit Renovasi Rumah (KRR) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Selain mengelola program KPR, BP Tapera juga ditunjuk sebagai Operator Investasi Pemerintah (OIP) oleh Kementerian Keuangan dan resmi mengelola dana Fasilitas Likuiditas Pembiayan Perumahan (FLPP) yang sebelumnya dikelola oleh Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP).

Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Herry Trisaputra Zuna menjelaskan, kehadiran BP Tapera menjadi solusi mengatasi masalah perumahan.

“Momen ini sangat penting agar semua bersinergi untuk mendukung rumah yang layak huni. “Para PNS dan masyarakat luas nantinya harus menjadi anggota BP Tapera, sehingga jumlah peserta bertambah dan masalah perumahan bisa teratasi dengan azas gotong royong,” kata Herry.

Editor : Imam Muzakir (imam.muzakir@gmail.com)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com