Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Pembangunan rumah subsidi atau rumah sederhana. Foto ilustrasi: IST

Pembangunan rumah subsidi atau rumah sederhana. Foto ilustrasi: IST

4.212 Rumah Subsidi di Kalimantan Terima Bantuan PSU

Senin, 29 November 2021 | 13:18 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyalurkan bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) untuk 4.212 rumah subsidi di Kalimantan.

Bantuan PSU diharapkan dapat memacu semangat para pengembang perumahan untuk lebih banyak membangun rumah bersubsidi, sekaligus mewujudkan lingkungan hunian yang nyaman dan sehat bagi masyarakat.

“Wilayah Kalimantan, realisasi bantuan PSU 2021 sebanyak 4.212 unit dengan besar anggaran sejumlah Rp 40,79 miliar,” jelas Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur dalam siaran pers, Senin (29/11/2021).

Adapun rincian realisasi Bantuan PSU Tahun Anggaran 2021 wilayah Kalimantan antara lain provinsi Kalimantan Barat sebanyak 1.367 unit, Provinsi Kalimantan Tengah 321 unit. Selanjutnya Provinsi Kalimantan Selatan 1.623, Provinsi Kalimantan Timur 771 unit, dan Provinsi Kalimantan Utara 130 unit.

Fitrah mengatakan, ada tiga dasar pemerintah memberikan bantuan berupa PSU. Pertama, untuk memberi stimulus bagi pelaku pembangunan dalam membangun rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kedua, untuk mendorong capaian target Program Sejuta Rumah (PSR) khususnya melalui peran pelaku pembangunan. Ketiga, memberikan manfaat bagi MBR untuk memperoleh rumah layak huni dan terjangkau dalam bentuk rumah tunggal dan rumah deret di lingkungan perumahan yang dibangun oleh pelaku pembangunan.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Kalimantan II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, H Hujurat menambahkan, bantuan PSU ini sangat membantu para pengembang untuk membangun rumah khususnya rumah bersubsidi untuk MBR di wilayah Kalimantan.

“Kami telah menyelesaikan seluruh pembangunan PSU yakni 100% untuk perumahan bersubsidi di wilayah Balai P2P Kalimantan II yakni Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Kami harap bantuan PSU ini bisa memacu semangat para pengembang dalam membangun rumah subsidi sekaligus membantu masyarakat memiliki hunian layak dengan fasilitas yang memadai di masa pandemi ini," terangnya.

Editor : Thomas Harefa (thomas@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN