Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Para petugas rumah sakit mengenakan kacamata pelindung dan masker.  Foto ilustrasi: CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP )

Para petugas rumah sakit mengenakan kacamata pelindung dan masker. Foto ilustrasi: CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP )

Anak Usaha RNI Ekspor Masker ke Tiongkok

Minggu, 2 Februari 2020 | 10:07 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id – PT Rajawali Nusindo, anak perusahaan PT RNI (Persero) yang bergerak di bidang perdagangan dan distribusi, melakukan ekspor 3 juta lembar (pieces/pcs) masker ke Tiongkok pada Kamis (31/1).

Virus Korona yang berawal di Wuhan, Tiongkok, saat ini menjadi isu global dan salah satu upaya pencegahan tertularnya virus tersebut adalah dengan pemakaian masker yang berfungsi untuk memproteksi diri dari penularan melalui udara. Seiring dengan meningkatnya penyebaran Virus Korona, permintaan masker di Tiongkok mengalami peningkatan.

Untuk itu, guna memenuhi kebutuhan masker, PT Rajawali Nusindo mengekspor 3 juta pcs masker ke Tiongkok.

Direktur Healthcare PT Rajawali Nusindo Lukamanul Hakim mengatakan, sebanyak 3 juta pcs masker tersebut dikirim sebagai upaya pencegahan dan dukungan moral bagi WNI yang masih berada di Tiongkok. Masker yang diekspor merupakan produk dalam negeri dengan tipe 3 Ply yang memiliki pabrik di Yogyakarta, masker tersebut sudah dilakukan uji coba di Nelson Laboratorium sehingga mampu menyaring partikel kecil dengan ukuran 3 milimicron.

“Tujuan dari pengiriman masker tersebut untuk mencegah percikan-percikan yang mengandung virus dari batuk atau bersin lepas ke udara,” ujar dia dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat (31/1).

Alasannya, penyakit-penyakit tersebut menular ke orang lain melalui udara, cairan inilah yang dapat menyebabkan virus ke orang lain yang sehat ketika terhirup atau tersentuh ke mata, hidung, mulut dan permukaan kulit.

Berdasarkan temuan WHO, Virus Korona dapat menyebar dari manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan orang yang terinfeksi, sementara bagi orang sehat maka masker tidak perlu dipakai jika tidak ada hubungan langsung dengan orang sakit, hanya saja penggunaannya akan membantu mengurangi risiko penularan.

Seperti diketahui, bisnis alat kesehatan memiliki kontribusi sebesar 27% dari total penjualan perusahaan, sedangkan kontribusi laba kotornya sebesar 62% pada 2019. Rajawali Nusindo bergerak di bidang perdagangan dan distribusi farmasi, alat kesehatan, consumer and industrial products.

Pada 2004, Nusindo spin off dari induknya RNI dan memiliki entitas sendiri dan hingga 2019 yang lalu berhasil membukukan omset hingga Rp 4 triliun.  

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN