Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Sepatu Adidas. Sumber: youtube

Sepatu Adidas. Sumber: youtube

Awal Tahun, Ekspor Alas Kaki Capai US$ 490 Juta

Rabu, 17 Februari 2021 | 08:37 WIB
Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id – Ekspor produk alas kaki nasional pada bulan Januari 2021 mencapai US$ 490,5 juta atau sekitar Rp 6,81 triliun, naik 13,4% dibanding periode sama tahun lalu. Pertumbuhan double digit di awal tahun ini, memberi angin segar bagi industri alas kaki Tanah Air untuk mendorong kinerja ekspornya.

“Kami harapkan ini menjadi indikasi awal yang baik untuk melalui tahun 2021,” kata Direktur Eksekutif Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Firman Bakri kepada Investor Daily di Jakarta, Selasa (16/2).

Firman mengatakan, peningkatan ekspor di bulan Januari 2021 menunjukkan tingginya komitmen buyer untuk tetap menjadikan Indonesia sebagai sumber produksi utama mereka. Merujuk laporan World Footwear Yearbook tahun 2019, Indonesia merupakan pusat produksi alas kaki terbesar keempat di dunia dengan total produksi mencapai 1.271 juta pasang alas kaki. Indonesia juga merupakan negara eksportir produk alas kaki terbesar ketiga di dunia, dengan total 406 juta pasang alas kaki.

Firman mengungkapkan, pertumbuhan ekspor di awal tahun ini juga mengindikasikan perilaku konsumen di pasar ekspor yang mulai melakukan aktivitas olah raga di ruang-ruang publik. “Ini yang juga mendorong konsumsi alas kaki,” tambah dia.

Faktor lainnya, kata Firman, relokasi pabrik ke Jawa Tengah dan sebagian Jawa Barat, mendorong daya saing (competitiveness) produk alas kaki Indonesia di pasar global.

Sepanjang tahun 2020, ekspor alas kaki Indonesia tumbuh 8,97% menjadi US$ 4,80 miliar dibanding tahun sebelumnya US$ 4,41 miliar. Ekspor komoditas ini menyumbang 3,4% terhadap total ekspor nonmigas Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga sebelumnya menyampaikan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan terus berusaha untuk mendorong agar pertumbuhan ekspor industri alas kaki tetap tumbuh. Terlebih, alas kaki merupakan produk yang mampu mempertahankan ekspor di tengah pandemi Covid-19.

“Ekspor alas kaki ikut memberi momentum terhadap ekspor Indonesia. Ekspor alas kaki turut berkontribusi terhadap neraca perdagangan yang positif,” ujar dia.

Editor : Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN