Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Erwin Haryono

Erwin Haryono

BI: Konsumen Optimistis Kinerja Ekonomi 6 Bulan Mendatang Menguat

Senin, 10 Mei 2021 | 12:03 WIB
Triyan Pangastuti

JAKARTA, investor.id – Bank Indonesia (BI) menyebutkan bahwa kepercayaan konsumen terhadap perkiraan kondisi ekonomi enam bulan ke depan terpantau menguat dari bulan sebelumnya.  Konsumen tetap berada di zona optimistis, atau indeks di atas 100.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, kepercayaan konsumen pada enam bulan mendatang yang semakin baik. Hal ini tercermin dari capaian indeks ekspektasi kondisi ekonomi (IEK) April sebasar 122,6, lebih tinggi dibandingkan IEK bulan Maret sebesar 114,1.

“Ekspektasi konsumen terhadap adanya ekspansi kegiatan usaha, adanya kenaikan penghasilan, dan ketersediaan lapangan kerja yang lebih banyak pada enam bulan ke depan terpantau menguat,” ujar Erwin, dalam Laporan Survei Konsumen, Senin (10/5).

Ia mengatakan bahwa secara spasial, IEK April 2021 tercatat meningkat di 16 kota dengan kenaikan tertinggi di Bandung (22,4 poin), diikuti Palembang (19,0 poin), dan Pangkal Pinang (17,8 poin).

Selain itu, pada bulan April, konsumen memperkirakan ekspansi kegiatan usaha secara umum pada enam bulan yang akan datang meningkat. Ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha April 2021 tercatat sebesar 123,2, lebih tinggi dari 111,0 pada bulan sebelumnya.

Bahkan, ini terjadi pada seluruh kategori tingkat pengeluaran, terutama responden dengan pengeluaran Rp 1-2 juta per bulan. “Ditinjau menurut kategori usia, ekspektasi terhadap kegiatan usaha ke depan juga terpantau menguat pada seluruh kelompok,” tegasnya.

Dia memerinci, peningkatan optimisme terhadap ketersediaan lapangan kerja terindikasi dari meningkatnya Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja April 2021 yang meningkat sebesar 117,9 poin dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 109,8.

Berdasarkan tingkat pendidikan, Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja terpantau menguat pada seluruh kategori, terutama pada kelompok responden dengan latar belakang pendidikan akademi. Pada sisi usia, peningkatan indeks juga terjadi pada seluruh kelompok responden

Sejalan dengan membaiknya berbagai indikator, konsumen juga memperkirakan adanya kenaikan penghasilan pada enam bulan ke depan. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Penghasilan sebesar 126,7, meningkat dari 121,5 pada bulan sebelumnya.

“Kenaikan indeks terjadi pada seluruh kategori pengeluaran, tertinggi pada responden dengan pengeluaran Rp 2,1-3 juta per bulan. Sementara itu, dari sisi usia, kenaikan indeks tertinggi terjadi pada kelompok usia responden 41-50 tahun,” pungkas Erwin.

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN