Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Onny Widjanarko, Direktur Eksekutif  Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI).

Onny Widjanarko, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI).

BI Serahkan Rencana Anggaran 2021 ke DPR

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 21:08 WIB
Nasori

JAKARTA, investor.id – Bank Indonesia (BI) menyampaikan Rencana Anggaran Tahunan Bank Indonesia Tahun 2021 (RATBI 2021) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Jumat (14/8). RATBI 2021 menggambarkan respons arah kebijakan BI terhadap perkembangan ekonomi terkini serta tantangan dan proyeksi ke depan dengan memperhatikan dinamika perkembangan lingkungan strategis baik dari sisi global, domestik, dan internal, serta mempertimbangkan evaluasi pencapaian kinerja dan kesinambungan strategi tahun 2020.

Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mejelaskan, respons kebijakan BI dilakukan dengan menetapkan sasaran utama yang akan dicapai dalam perencanaan 2021 melalui empat transformasi yakni transformasi kebijakan, transformasi organisasi, transformasi SDM dan budaya kerja, serta transformasi digital.

“Hal ini selaras dengan penajaman arah strategis Bank Indonesia 2025 melalui penguatan Visi Bank Indonesia 2025 ‘Menjadi Bank Sentral Digital Terdepan yang Berkontribusi Nyata Terhadap Perekonomian Nasional dan Terbaik di antara Negara Emerging ‘Markets untuk Indonesia Maju’,” jelas Onny dalam keterangan tertulis yang diterima Investor Daily, Sabtu (15/8).

Menurut dia, penyampaian RATBI 2021 merupakan wujud komitmen BI yang senantiasa mengedepankan transparansi, akuntabilitas, dan tata kelola dalam menjalankan tugas dan wewenang guna mencapai tujuan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2009.

RATBI 2021, lanjut Onny, juga mencerminkan komitmen Bank Indonesia untuk terus berkontribusi nyata terhadap perekonomian. Hal itu terutama tampak pada anggaran kebijakan BI yang menunjukkan berlanjutnya peran dan kontribusi Bank Indonesia dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 dan program Pemulihan Ekonomi Nasional sebagai amanat pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penetapan Perppu 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi COVID-19 dan/atau dalam rangka Menghadapi Ancaman yang Membahayakan Perekonomian Nasional dan/atau Stabilitas Sistem Keuangan.

Onny memaparkan, RATBI 2021 yang disampaikan kepada DPR RI tersebut mencakup empat komponen yaitu pertama, pelaksanaan tugas Bank Indonesia tahun 2020. Dua, evaluasi pelaksanaan Anggaran Tahunan Bank Indonesia Tahun 2020. Ketiga, arah kebijakan Bank Indonesia tahun 2021. Keempat, RATBI 2021.

RATBI 2021 adalah rencana penerimaan dan pengeluaran dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan untuk mendukung pencapaian tugas utama Bank Indonesia yang diamanatkan dalam undang-undang meliputi anggaran operasional dan anggaran kebijakan baik di kantor pusat (KP), kantor perwakilan dalam negeri (KPwDN), maupun kantor perwakilan luar negeri (KPwLN).

 

Editor : Nasori (nasori@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN