Menu
Sign in
@ Contact
Search
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu. (Foto: Beritasatu.com)

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu. (Foto: Beritasatu.com)

BKF Kemenkeu Optimistis Kinerja Ekonomi Kuartal III Akan Lebih Kuat

Senin, 8 Agustus 2022 | 13:51 WIB
Herman (redaksi@investor.id)

Jakarta, Beritasatu.com - Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Menkeu) optimistis kinerja ekonomi di kuartal III-2022 akan lebih kuat dibandingkan Kuartal II-2022 yang tumbuh 5,44% year-on-year (yoy). Namun, berbagai risiko global yang masih penuh ketidakpastian juga terus diwaspadai.

"Kuartal III 2022 kan sudah jalan 1 bulan lebih. Dari data-data yang ada, kita melihat pertumbuhan ekonomi di kuartal III malah lebih baik lagi dari kuartal II. Ini yang lagi-lagi kita pantau karena konteks ketidakpastiannya itu masih ada, tetapi ada tanda-tanda bahwa pertumbuhan ekonomi di kuartal III akan cukup kuat, bahkan mungkin sedikit lebih kuat dibandingkan kuartal II-2022 ini," kata Febrio Kacaribu dalam acara media briefing secara daring, Senin (8/8/2022).

Baca juga: BKF Prediksi Defisit APBN 2022 Lebih Kecil dari 3,92% terhadap PDB

Febrio menyampaikan, berbagai risiko global harus diwaspadai setiap hari karena perubahannya begitu cepat. Sebagai contoh, harga crude dalam satu minggu terakhir sudah turun menjadi di bawah US$ 100/barel.

"Perubahan-perubahan ini terus kita pantau. Di samping melihat tren pemulihan perekonomian kita, kita juga melihat tren pemulihan aktivitas perekonomian kita yang sudah jauh di atas pra pandemi. Artinya aktivitas ekonomi masyarakat sudah jauh di atas pra pandemi," ujarnya.

Baca juga: BBM hingga Detergen bakal Kena Cukai? BKF: Tidak Tergesa-gesa

Febrio menambahkan, di tengah ketidakpastian yang masih sangat tinggi, kita masih punya alasan untuk tetap optimistis, tetapi juga tetap waspada. Hal ini sejalan dengan prediksi berbagai lembaga internasional, misalnya IMF yang memproyeksikan ekonomi Indonesia di 2022 akan tumbuh 5,3%.

"Di 2022 ini, dengan angka-angka yang sudah kita lihat sejauh ini, tampaknya kita memang bisa berada di sekitar 5,1% sampai 5,4% dari pertumbuhan PDB-nya, dan ini cenderung ke batas atasnya untuk angka yang sudah kita lihat sejauh ini," kata Febrio.  

Editor : Indah Handayani (indah.handayani26@gmail.com)

Sumber : BeritaSatu.com

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com