Menu
Sign in
@ Contact
Search
Pembicara Seminar bertajuk

Pembicara Seminar bertajuk "Potensi Investasi Hijau dan Desain Insentif yang Atraktif" yang digelar oleh Majalah Investor bersama Kementerian Investasi/BKPM, di Aryaduta Hotel, Jakarta, Rabu (21/9/2022). Kika: Primus Dorimulu (Pemimpin Redaksi Investor Daily dan Anggota Dewan Redaksi Berita Satu Media Holdings) sebagai moderator, Saribua Siahaan (Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Australia, Selandia Baru, dan Pasifik Kementerian Investasi/BKPM), Andriah Feby Misna (Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi) melalui zoom, kemudian Purbaja Pantja (Direktur dan Group Chief Investment Officer PT Indika Energy Tbk) serta Komaidi Notonegoro (Direktur Eksekutif ReforMiner Institute).

BKPM Siapkan Regulasi untuk Optimalkan Potensi Ekonomi Hijau

Rabu, 21 September 2022 | 15:50 WIB
Arnoldus Kristianus (arnoldus.kristianus@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id - Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memperkirakan besarnya peluang investasi ekonomi hijau di Indonesia. Oleh karena itu, regulasi segera disiapkan guna menarik investor berinvestasi pada ekonomi hijau.

“Tren sekarang ini adalah ekonomi hijau, maka sektor-sektor hijau harus kita kawal agar investor bisa investasi dengan nyaman dan lingkungan juga terjaga. Upaya penghentian ekspor nikel sebenarnya merupakan bagian dari proteksi, sehingga potensi yang ada jangan dikeruk saja,” ucap Direktur Promosi Wilayah Asia Tenggara, Selandia Baru, dan Pasifik Kementerian Investasi/BKPM Saribua Siahaan dalam Seminar Potensi Ekonomi Hijau dan Desain Insentif yang Atraktif di Hotel Aryaduta pada Rabu (21/9).

Baca juga: Antam (ANTM) Bidik Perusahaan Patungan CBL dan LG Diteken Kuartal IV-2022

Saribua mengatakan, BKPM sedang menggodok regulasi agar investor tidak hanya mengelola Sumber Daya Alam (SDA) yang ada dengan peningkatan nilai tambah produk. Investasi pada produk SDA diharapkan tidak merusak lingkungan sehingga lingkungan tetap hijau dan memiliki dampak ke masyarakat sekitar dimana SDA berada. Hal ini dilakukan agar upaya mendorong pertumbuhan ekonomi tetap sinergis dengan menjaga kelestarian alam.

“Kami akan mengatur regulasi sehingga investor yang datang harus mengolah sumber daya yang ada. Sistem tersebut dibuat agar membuat investor bisa berkembang disini dan memberikan perkembangan buat (ekonomi) daerah, dan masyarakat sekitar terlibat. Sehingga akan terjadi suatu penyerapan tenaga kerja, pertumbuhan ekonomi dan multiplier effect, hal ini menjadi impian kita bersama,” kata Saribua.

Baca juga: BKPM: UU Cipta Kerja Jadi Terobosan untuk Capai Target Investasi

Saribua mengatakan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia sudah memberikan arahan bahwa bila ada kemudahan investasi akan berdampak pada peningkatan peluang penyerapan tenaga kerja. Perekonomian daerah yang menjadi daerah investasi juga akan meningkat. Secara makro ekonomi hal ini akan berdampak pada peningkatan penerimaan negara.

“Pertumbuhan ekonomi di lokasi investasi akan meningkat, karena kemampuan pemerintah untuk penyerapan tenaga kerja melalui PNS, BUMN dan TNI itu maksimal 20%. Maka kita berharap mengatasi ini adalah lewat investasi,” kata Saribua.

Kementerian Investasi/BKPM fokus mengatur sistem perizinan investasi agar investor  memiliki kepastian secara mudah dan cepat. Dalam hal ini Kementerian Investasi/BKPM menjadi pintu masuk investor untuk menginformasikan potensi, regulasi, dan mengawal investasi. Beberapa insentif yang diberikan misalnya bila ada penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) lebih dari 40% maka investor akan mendapatkan tax allowance.

Baca juga: Kementerian Investasi/BKPM Siapkan Peta Peluang Investasi di 13 Provinsi

“Pemerintah memberikan insentif seperti tax allowance atau insentif lain, ada aturannya mungkin 30% dikurangi 5% per tahun ini bisa kita lihat contoh case by case,” tutur Saribua.

Editor : Parluhutan (parluhutan@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com