Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Wisata budaya di Desa Wangunharja Subang. Foto: Investor Daily/IST

Wisata budaya di Desa Wangunharja Subang. Foto: Investor Daily/IST

Desa Wangunharja Subang Hadirkan Wisata Budaya

Sabtu, 10 Juli 2021 | 17:33 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

SAAT berkunjung ke Subang, singgahlah ke Desa Wisata Wangunharja. Destinasi wisata yang terletak di Sanca, Subang, Jawa Barat itu punya sesuatu yang bisa bikin wisatawan terpincut.

Sebelum pandemi Covid-19, Desa Wisata Wangunharja ramai dikunjungi wisatawan, baik pada hari biasa maupun hari libur. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari-hari.

Mengutip laman_http://www.disparbud. jabarprov.go.id , Desa Wisata Wangunharja merupakan salah satu gambaran desa yang ada di daerah Subang dengan adat istiadat dan kebudayaan yang masih kental. Selain itu, penduduknya ramah dan masih memegang teguh adat istiadat serta masih diterapkan sampai saat ini. Pengunjung yang datang ke Desa Wangunharja ini dapat menyaksikan aktivitas keseharian masyarakat desa tersebut sambil menikmati suasana pedesaan yang tenang.

Dengan udara yang sejuk seraya melihat rumah panggung yang unik, akan menambah suasana desa yang benar-benar damai. Desa Wisata Wangunharja juga menyediakan fasilitas penginapan bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana desa secara langsung.

Di tempat ini, wisatawan juga bisa menyaksikan upacara syukuran atau ruwatan bumi yaitu salah satu tradisi adat masyarakat agraris dalam mengucap syukur kepada Tuhan penguasa alam atas hasil pertanian yang didapat. Selain ungkapan syukur, pesta rakyat ini dilaksanakan sebagai ritual tolak bala dan bentuk penghormatan kepada para leluhur.

Upacara yang digelar pada pertengahan bulan Dzulhijjah (Rayagung) ini selalu dimeriahkan berbagai kesenian tradisional masyarakat Sunda. Kehidupan masyarakat yang bersahaja dengan adat istiadat tradisional yang tetap terjaga, ditunjang balutan keindahan alam pegunungan menjadi magnet kuat Desa Wisata Wangunharja menarik wisatawan.

Objek Wisata Desa Wisata Wangunharja memiliki beberapa fasilitas dan pelayanan bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini, di antaranya adalah area parkir kendaraan yang cukup luas, kemudian ada mushola, kamar mandi / mck, dan penginapan.

Wisata budaya di Desa Wangunharja Subang. Foto: Investor Daily/IST
Wisata budaya di Desa Wangunharja Subang. Foto: Investor Daily/IST

Rute ke Lokasi

Bagi wisatawan asal kota Subang tidak terlalu sulit mendatangi lokasi Desa Wisata Wangunharja. Berbeda dengan wisatawan luar kota atau luar negeri yang belum tahu lokasi destinasi ini. Namun, jangan khawatir, wisatawan bisa menggunakan google maps sebagai pemandu arah. Akses jalan tol Jakarta-Cikampek juga memudahkan wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi untuk tiba ke tempat wisata ini._Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum seperti bus, juga tidak terlalu sulit.

Berendam di Mata Air

Setelah puas berkunjung ke Desa wisata Wangunharja, wisatawan bisa menikmati dinginnya mata air Cimutan Kasomalang, Subang. Lokasi pemandian mata air ini berjarak 4,5 kilometer dari dari Desa Wisata Wangunharja. Mata air yang tidak pernah mengering ini bisa menjadi tempat yang cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati alam sekaligus berenang.

Ditulis dalam lama travelingyuk. com, kolam renang ini diisi oleh air yang berasal dari mata air alami yang jernih dan juga bersih. Oleh karena itulah, berenang di sini sangat menyegarkan bahkan para pengunjung juga bisa melihat langsung dasar kolam yang dipenuhi oleh bebatuan.

Saat musim kemarau, air di Cimutan Kasomalang bahkan tidak mengering sehingga dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar.

Mata air Selain populer akan kejernihan airnya, destinasi ini juga dikenal sebagai salah satu destinasi yang sangat digemari anak-anak. Jadi, jangan heran jika berkunjung ke sini, kolamnya akan dipenuhi oleh anak-anak yang berenang maupun nyantai di atas permukaan dengan ban hitamnya.

Destinasi ini sangat cocok bagi wisatawan yang mencari tempat wisata alam yang lengkap dengan kolam renang segar. Daya tarik inilah yang membuat wisata ini kerap menjadi pilihan masyarakat untuk berlibur terlebih bersama keluarga.

Berburu Kuliner

Setelah puas berwisata di Desa Wangunharja dan berendam di mata air, kini saatnya berburu kuliner makanan khas Sunda yang menjadi ciri khas di Subang. Salah satu yang menggoda adalah rumah makan Saung Sawah.

Rumah makan Sunda ini menawarkan sensasi makan lesehan dengan pemandangan persawahan yang hijau. di rumah makan ini berbagai menu makanan khas sudah disediakan mulai dari ikan tawar, ayam sambal dan lalapan yang merupakan ciri khas makanan Sunda.

Kemudian ada rumah makan Resto Bareto, rumah makan Sunda yang dekat dengan desa wisata ini juga menjadi pilihan wisatawan untuk menikmati makanan khas Sunda dengan pemandangan alam terbuka dengan harga yang terjangkau kedua rumah makan ini menjadi pilihan wisatawan untuk beristirahat dan berburu kuliner.

Baca juga

https://investor.id/business/pilihan-menginap-di-subang

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN