Menu
Sign in
@ Contact
Search
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Ist)

Erick Thohir Beberkan Peran BUMN dalam Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II

Senin, 8 Agustus 2022 | 21:13 WIB
Muawwan Daelami (muawwan@beritasatumedia.com)

JAKARTA. Investor.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menuturkan, BUMN berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian kuartal II-2022 sebesar 5,44%. Sebab, sepertiga dari perekonomian nasional disumbang dari kontribusi BUMN.

"Ketahanan perekonomian Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global juga tidak lepas dari peran BUMN yang sehat sebagai motor pemulihan ekonomi nasional," ucap Erick dalam keterangan resmi, Senin (8/8).

Bahkan, Kementerian BUMN menyebutkan, pada 2021, total aset BUMN diperkirakan mencapai Rp 9.000 triliun atau sekitar 53% dari produk domestik bruto (PDB). Ini membuktikan, kata Erick, BUMN yang sehat telah membantu mewujudkan ekonomi kerakyatan berbasis adil dan Makmur, sehingga masyarakat yang makmur turut berperan meningkatkan perekonomian nasional.

Dengan basis ekonomi kerakyatan dan fungsi BUMN sebagai agen pembangunan, dia menegaskan, BUMN juga dipertahankan untuk terus menjalankan proyek-proyek pembangunan yang menciptakan lapangan kerja di tengah pandemi Covid-19. Terbukti, sejumlah proyek besar BUMN, seperti RDMP Balikpapan diperkirakan telah menyerap sebanyak 19 ribu tenaga kerja dan hilirisasi batubara menjadi DME diperkirakan menyerap 10 ribu tenaga kerja. Begitu juga dengan smelter tembaga Freeport di Gresik yang mampu menyerap hingga 40.000 tenaga kerja.

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) melalui Hutama Karya, kata dia, juga mencatatkan penyerapan sampai 200 ribu tenaga kerja. Pembangunan KEK Mandalika di mana InJourney selaku core penyelenggaraan event internasional MotoGP mampu menyerap sebanyak 4.500 tenaga kerja lokal dan memastikan masyarakat sekitar bukan hanya menjadi penonton, tetapi terlibat sejak pembangunan sampai pelaksanaan MotoGP dan WSBK.

Selain itu, beber Erick, BUMN berperan membuka kesempatan berusaha dan mendorong bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), antara lain melalui pengembangan pelabuhan Benoa sebagai Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) dan pengembangan Bakauheni Harbour City (HBC) yang dikonsep 100% untuk menyokong perekonomian lokal di kawasan sekitarnya.

Ini termasuk PT Permodalan Nasional Madani (PNM) yang memiliki program Mekaar sebagai fasilitas untuk pemberdayaan UMKM Perempuan yang berhasil menciptakan lapangan kerja di berbagai wilayah setidaknya bagi 12,7 juta ibu-ibu pada 2021 dan akan terus dipacu hingga 20 juta nasabah pada 2024.

Demikian pula, Pupuk Indonesia. Melalui Program Makmur sebagai pendampingan budidaya tani lewat ekosistem terintegrasi untuk pemberdayaan petani, Pupuk Indonesia telah melakukan pendampingan bersama 117.995 petani dengan lahan seluas 148.127 hektare (ha). 

Editor : Harso Kurniawan (harso@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

Baca berita lainnya di GOOGLE NEWS

BAGIKAN
×
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com