Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Hermawan Kartajaya. Foto: marketeers.com

Hermawan Kartajaya. Foto: marketeers.com

ICSB Bertekad Jadi Integrator dan Agregator UKM Indonesia

Jumat, 15 Januari 2021 | 23:39 WIB
Leonard AL Cahyoputra (leonard.cahyoputra@beritasatumedia.com)

JAKARTA, investor.id – Usaha kecil dan menengah (UKM) menjadi sektor yang diharapkan mampu berkontribusi besar terhadap pemulihan dan penguatan ekonomi Indonesia. Untuk itu Indonesia Council for Small Business (ICSB) bertekad untuk menjadi Integrator dan Agregator UKM Indonesia.

Co-founder dan Chairman ICSB Hermawan Kartajaya menerangkan berbagai stimulus dilakukan oleh pemerintah maupun pihak eksternal lainnya untuk UKM, mulai dari bantuan finansial hingga pembekalan. Berdasarkan survei yang pernah dilakukan oleh MarkPlus, Inc., sebanyak 57% UKM mengharapkan bantuan dalam melakukan promosi digital seperti iklan di Instagram atau Facebook.

“Hal ini menjadi perhatian Indonesia Council for Small Business (ICSB) yang sebelumnya bernama International Council for Small Business (ICSB) Indonesia,” ujar dia dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat (15/1).

Hermawan mengatakan perubahan nama ICSB diumumkan saat Musyawarah Nasional (MUNAS) pada tanggal 20-21 November 2020 dan dikukuhkan kembali pada saat pelantikan pengurus pusat baru ICSB untuk masa bakti 2020 – 2022 pada Kamis, 14 januari 2021. ICSB sendiri merupakan organisasi non-profit yang fokus pada penguatan semangat kewirausahaan di Indonesia dengan jaringan di tingkat Asia maupun Global yang melibatkan pilar pemerintah, peneliti, pembina dan pelaku bisnis.

Dia menerangkan, perubahan nama dan pelantikan pengurus pusat baru ini menandai transformasi ICSB sebagai integrator dan agregator UKM Indonesia dengan harapan memberi kontribusi lebih nyata pada 7 aspek bisnis.

“Ketujuh fungsi bisnis utama tersebut yaitu pengembangan produk, pengemasan, pengembangan merek, pengembangan pasar, penguatan SDM, rantai pasok, dan akses pembiayaan,” ucap Hermawan.

Dia menyampaikan bahwa transformasi di tingkat Indonesia ini seiring dengan perubahan yang sedang terjadi di dalam ICSB Global. Peran ICSB di tingkat dunia pun diharapkan akan semakin besar. Hermawan mengaku, saat ini sedang diupayakan agar Indonesia bisa menjadi co-host peringatan hari UKM Internasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2022. “Ini supaya UKM Indonesia semakin dikenal secara global,” papar dia.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada acara Talkshow Virtual Festival Bajual Digital Papua 2020 bertema Mengangkat Potensi Kearifan Lokal Menjadi Komoditas Global, Kamis (26/11).
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pada acara Talkshow Virtual Festival Bajual Digital Papua 2020 bertema Mengangkat Potensi Kearifan Lokal Menjadi Komoditas Global, Kamis (26/11).

Sementara Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan bahwa tahun ini adalah momentum yang penting bagi UKM untuk menawarkan subsitusi produk-produk impor. Kementerian Koperasi dan UKM sendiri pada tahun ini berusaha untuk mendorong transformasi UKM dari informal menjadi formal, transformasi digital, transformasi ke produk berbasis teknologi dan terhubung supply chain.

“Sesuai arahan Presiden, pembiayaan terhadap UKM harus diperbesar. Saat ini akses pembiayaan oleh UKM baru 20% padahal kontribusinya terhadap PDB 60%,” papar Teten.

Kementerian Koperasi dan UKM juga merasa perlu untuk terus mendorong

ekspor produk-produk UKM. Saat ini angka ekspor UKM Indonesia tinggal 14%, setelah sebelumnya sempat menyentuh angka 20%.

“Lewat ICSB kita berhadap banyak untuk membangun relasi internasional baik untuk kepentingan kewirausahaan kita maupun mengembangkan market kita di pasar global,” tutup dia.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN