Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi Radio. Foto: Ist

Ilustrasi Radio. Foto: Ist

Industri Radio Diharapkan Semakin Inovatif di Tengah Pandemi

Minggu, 7 Februari 2021 | 18:17 WIB
Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berharap di tengah pandemi, industri dan platform radio semakin inovatif dalam memberikan hiburan dan informasi, dengan variasi kreativitas agar tetap menjadi media edukasi bagi masyarakat.

Menparekraf dalam diskusi virtual dengan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio se-Indonesia, Minggu (7/2) menjelaskan, subsektor radio dan musik adalah bagian dari 17 subsektor ekonomi kreatif.

Radio disebutnya sebagai platform industri yang tahan banting dalam menghadapi tantangan dari masa ke masa. Mulai dari melewati masa era televisi, kemudian internet, hingga era digitalisasi.

Di tengah pandemi ini, radio diharapkan menjadi media yang mampu membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan tetap memberikan informasi yang akurat bagi masyarakat.

“Radio terbukti selalu menjadi media yang mampu beradaptasi dengan situasi krisis. Sepanjang sejarah, pada saat terjadi perang, bencana alam besar, dan keadaan darurat kesehatan, radio telah memainkan peran utama. Saya mengajak semua pihak untuk tetap saling tebar semangat optimisme serta menjalankan prinsip gotong royong. Salah satu solusi dari pemerintah pusat untuk dapat mengangkat kembali ekonomi kreatif,” ujar dia.

Sandiaga juga menjelaskan, fakta bahwa radio adalah media yang paling universal, paling sederhana, dan paling mudah diakses. Para ahli telah memperkirakan bahwa di era pandemi, konsumsi media justru akan meningkat, karena semakin banyak orang yang tinggal di rumah.

Beberapa studi misalnya yang dilakukan Rodero pada 2020 mencatat peningkatan konsumsi radio selama pandemi. Kebanyakan pendengar mendengarkan antara satu dan dua jam sehari. Di BBC misalnya naik 18%.

Di Italia, menurut Association of European Radio, jumlah pendengar meningkat 2,4%. Di Amerika Serikat telah terjadi peningkatan konsumsi radio sebesar 28%.

Di Indonesia dalam kondisi pandemi saat ini menyebabkan sejumlah radio harus berjibaku untuk mempertahankan keberlangsungan operasionalnya. Beberapa radio juga ikut mengurangi jumlah personilnya.

Hasil pendataan hingga Mei 2020 dari 600 anggota Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) perusahaan radio sudah melakukan pemotongan gaji sekitar 30%.

“Namun, sekali di udara tetap di udara, beberapa stasiun dan jaringan radio mampu bertahan dan berinovasi, beradaptasi dengan pandemi karena radio adalah media yang sarat akan hiburan dan informasi, dengan variasi kreativitas,” ujar dia.

Sandiaga mengajak insan radio berkolaborasi dengan pemerintah melalui gerakan-gerakan gotong royong seperti #BanggaBuatanIndonesia dan ajakan untuk #BeliBuatanIndonesia. Melalui gerakan tersebut Kemenparekraf membuka peluang bagi usaha subsektor musik untuk memproduksi konten audio yang menarik.

“Untuk menciptakan karya-karya hebat yang diminati oleh pangsa pasar nasional dan internasional, pelaku ekraf musik dapat membuat berbagai program yang bekerja sama dengan media radio. Semoga dengan pelaksanaan program-program dari seluruh pemangku kepentingan dapat saling membantu untuk melewati situasi sulit ini,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Radio TV Publik Daerah atau Persada.id Saifullah Yusuf mejelaskan, radio daerah yang dimiliki pemerintah daerah yang merupakan bagian dari aset publik dapat memberikan informasi yang menginspirasi pendengar yang dapat dirasakan oleh masyarakat.

Editor : Eva Fitriani (eva_fitriani@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN