Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 secara virtual, Kamis (23/9/2021).

Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 secara virtual, Kamis (23/9/2021).

KKI 2021

Iriana Jokowi Ajak Pelaku UMKM Berinovasi dan Berkreativitas

Kamis, 23 September 2021 | 23:33 WIB
Hendro Situmorang

JAKARTA, investor.id  - Ibu Negara RI, Iriana Joko Widodo (Jokowi) mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk terus berinovasi dan berkreativitas menciptakan hal yang baru karya-karya kreatif.

Iriana mengakui di masa pandemi Covid-19, ada UMKM yang mampu bertahan bahkan tumbuh menjadi lebih baik. Namun ada juga yang terpaksa harus menghentikan usaha, produksi dan pekerjaannya di tengah situasi yang berat ini. Namun ia mengajak agar para pelaku usaha ini tidak boleh berputus asa.

"Kita harus tetap menjaga semangat optimis, mengubah kesulitan menjadi pemicu tumbuhnya inovasi dan kreativitas-kreativitas baru, yang akan membawa posisi kita ke posisi yang lebih baik di masa yang akan datang," katanya saat membuka secara resmi Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 secara virtual, Kamis (23/9/2021).

Menurutnya di saat semua bangsa mengalami keterlambatan, Indonesia harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya, meningkatkan keahlian dari sisi produk, desain, dan pemasaran, agar dapat menjawab selera dan kebutuhan masyarakat domestik dan internasional.

Agar produk-produk UMKM Indonesia, lanjut Iriana, semakin dikenal dan diminati, sudah saatnya UMKM bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi baru dengan meningkatkan kapasitas UMKM menyelenggarakan berbagai pelatihan seperti digitalisasi kewirausahaan, bisnis coaching, kemampuan membangun relasi bisnis produk-produk UMKM.

"Peluang UMKM kita untuk tumbuh besar dan maju terbuka sangat luas. Pasar domestik kita sangat besar. Ada 277 juta penduduk Indonesia yang siap membeli produk-produk berkualitas UMKM Indonesia," ujarnya optimis.

Disamping itu juga ada pasar nasional yang peluangnya terbuka semakin luas, pemanfaatan ruang-ruang virtual untuk mempromosikan dan memasarkan produk, dapat memperluas jangkauan  pengenalan produk-produk UMKM Indonesia.

Maka dari itu, pemerintah memberi kesempatan yang lebih luas kepada UMKM untuk menjual produk-produknya tanpa dibatasi ruang dan waktu. Di masa yang akan datang, UMKM harus terus didorong agar memiliki orientasi dan pengetahuan luas mengenai ekspor.

Bermodal pada pemahaman dan kompetensi pada digitalisasi serta dukungan produk yang berkualitas setara berkualitas produk-produk UMKM dari seluruh dunia.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya juga ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk semakin bangga produk-produk Indonesia, semakin banyak pembeli menggunakan produk-produk Tanah Air, agar UMKM kita mampu melewati situasi yang berat ini. Dengan demikian masyarakat yang bekerja di sektor UMKM tetap memperoleh penghasilan," ungkap Iriana.

Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 digelar pada 23 hingga 26 September mendatang. Mengambil tema “Sinergi, Globalisasi dan Digitalisasi UMKM dan Sektor Pariwisata”, puncak KKI 2021 merupakan panggung bersama Bank Indonesia dengan Kementerian/Lembaga dalam mendorong optimisme serta kebangkitan UMKM di era pandemi.

Acara tersebut akan menyajikan pameran virtual produk UMKM, testimoni menteri, policy dialogue, pagelaran karya kreatif, business coaching, business matching, talk show, webinar dan pemberian penghargaan.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : BeritaSatu.com

BAGIKAN