Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR DAILY


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Ilustrasi perkantoran premium. (IST)

Ilustrasi perkantoran premium. (IST)

JLL: Perkantoran Kelas Premium Masih Tangguh

Senin, 28 Desember 2020 | 12:35 WIB
Imam Mudzakir (imam_koran@investor.co.id)

JAKARTA,investor.id - Konsultan properti JLL menilai, pada Desember 2020, harga sewa untuk gedung perkantoran premium di seluruh dunia turun lebih rendah dari pada pasar perkantoran grade A. Hal ini menunjukkan adanya ketangguhan untuk ruang kerja yang premium dan berkualitas.

Saat ini, tempat bekerja membutuhkan penyesuaian dengan keadaan normal yang baru dan perkantoran premium menawarkan ruang kolaborasi yang berfungsi sebagai tempat bersosialisasi serta pusat inovasi.

Sementara itu, sektor perbankan dan keuangan, serta para penghuni perkantoran premium, terus menjadi pendorong permintaan sewa, diikuti oleh perusahaan teknologi yang aktif di kota-kota besar.

“Pandemi Covid-19 telah terbukti menjadi percepatan tren dalam properti komersial. Saat kondisi pasar mulai beradaptasi dan kembali pulih, kami mengantisipasi, baik investor maupun penyewa, akan mencari perkantoran premium karena dapat memenuhi adaptasi dengan tujuan kerja yang baru,” kata Director Global Research JLL Jeremy Kelly, dalam keterangannya, Senin (28/12).

Head of Research JLL Indonesia James Taylor menambahkan, flight-to-quality telah menjadi tren yang menyebar di Jakarta selama lima tahun terakhir. Para penyewa perkantoran pun kemungkinan akan terus mengalami peningkatan pada gedung grade A, atau premium grade A saat memasuki tahun 2021.

Dalam laporannya, JLL Premium Office Rent Tracker (PORT) mencakup 100 wilayah perkantoran dan subwilayah di 86 kota serta merupakan tampilan tolak ukur JLL tentang wilayah dengan sewa perkantoran terbaik di pasar perkantoran teratas di dunia.

Riset tersebut memberikan alat referensi bagi perusahaan yang ingin menempati tempat untuk membandingkan biaya sewa di seluruh wilayah dan menemukan nilai terbaik pada kota termahal di dunia. Survei ini juga berguna bagi para investor global yang ingin mengidentifikasi sumber permintaan properti untuk ruang perkantoran premium.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN