Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Tol laut. Foto: maritimindonesia.co.id

Tol laut. Foto: maritimindonesia.co.id

Kemenhub Tetapkan Pelabuhan Patimban Disinggahi Kapal Tol Laut

Rabu, 21 Juli 2021 | 15:51 WIB
Thresa Sandra Desfika (thresa.desfika@investor.co.id)

JAKARTA, investor.id   - Kementerian Perhubungan  (Kemenhub) memasukkan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat sebagai pelabuhan singgah dalam trayek T-3 Tol Laut. Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP.729/DJPL/2021.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Antoni Arif Priyadi mengatakan, berdasarkan keputusan tersebut, maka jaringan  pelayaran Tol Laut pada trayek T-3 terdapat rute pelabuhan singgah baru, yaitu Pelabuhan Patimban.

"Dengan demikian trayek T-3 yang baru adalah melayani rute  Pelabuhan Tanjung  Priok-Patimban-Kijang-Tarempa-Pulau Laut-Selat Lampa-Subi-Serasan-Midai-Tanjung Priok," kata Antoni dalam  keterangan resmi dikutip Rabu (21/7).

Dia menjelaskan, penambahan rute Tol Laut dari Pelabuhan Patimban ini  merupakan upaya untuk melayani pengiriman barang dari wilayah Jawa Barat, terutama daerah Subang dan sekitarnya, ke wilayah luar Pulau Jawa dengan menggunakan kapal logistik Nusantara 04.

Revisi trayek Tol Laut itu juga sebagai langkah tindak lanjut atas usulan perubahan trayek dari surat Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Nomor.2296/PH.03.01/T.Laut tanggal 22 Juni 2021.
 
“Dengan adanya perubahan trayek Tol Laut, pemerintah berharap akan lebih meningkatkan efisiensi dan efektivitas kelancaran pelaksanaan program Tol Laut, khususnya dalam rangka menunjang pendistribusian barang dan pengembangan ekonomi di daerah-daerah terpencil, belum berkembang, serta dalam upaya menurunkan disparitas harga antara wilayah Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur," papar  Antoni.

Selain itu, Kemenhub juga menambah Pelabuhan Pomako, Papua sebagai pelabuhan singgah para trayek T-19 Tol Laut.

Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN