Menu
Sign in
@ Contact
Search
×

Email

Password

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Email

Password


×

Nama

Email

Password

Ulangi Password


×

Pencarian


×

INVESTOR.id


Alamat Redaksi :
BeritaSatu Plaza 11th Floor, Suite 1102 Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 35-36 | Jakarta 12950

Telpon:
+6221-29957555 | Fax: +6221-5200072

Email:
subscription.services@beritasatumedia.com
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

Kerja Sama BUMD dan Pemda Harus Ditingkatkan untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

Senin, 8 Maret 2021 | 10:25 WIB
Ridho Syukra (ridho.syukra@beritasatumedia.com )

JAKARTA, investor.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kerja sama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan pemerintah daerah (pemda) mempunyai peran strategis dalam mempercepat pemulihan ekonomi daerah dan menjadi pondasi untuk pemulihan ekonomi nasional.

Ekonomi daerah merupakan merupakan motor utama pemulihan ekonomi nasional. Pemerintah pun berkomitmen untuk mendukung pemulihan ekonomi daerah, sehingga ekonomi Indonesia dapat tumbuh pada kisaran 4,5-5,3% tahun 2021.

Airlangga menjelaskan, ekonomi daerah wilayah Jawa dan Sumatera telah menjadi kontributor utama ekonomi nasional meskipun masih mengalami kontraksi masing-masing 2,6% untuk pulau Jawa dan 2,21% untuk pulau Sumatera. Kontraksi tersebut terjadi karena dampak pandemi Covid-19.

Perbaikan ekonomi di Jawa didorong oleh aktivitas ekonomi. Sedangkan perekonomian di Sumatera dan Kalimantan didorong oleh perbaikan dari komoditas sawit maupun karet.

Sementara itu, ekonomi wilayah Maluku dan Papua berhasil tumbuh positif 2,89% karena didorong oleh hilirisasi sektor mineral.

Sesuai dengan potensi daerah, pemerintah pun akan mendorong peran BUMD sebagai penyedia manfaat umum bagi masyarakat. Dukungan tersebut diberikan karena program daerah yang melibatkan BUMD berjalan baik.

“Keterlibatan BUMD menjadi penting. Untuk itu, pemerintah mendorong skema kerja sama daerah dengan BUMD, dan ini menjadi program prioritas sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah,” ujar dia, dalam acara Indonesia Best BUMD Awards 2021, di Jakarta, baru-baru ini.

Founder dan Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad mengatakan, jika dlihat dari sisi bisnis, BUMD terus tumbuh dan jumlahnya terus naik. Pada 2019, jumlah BUMD sebanyak 1.097, dan saat ini, jumlahnya sudah menyentuh angka 1.200 BUMD.

Artinya, pemda perlu menyadari instrumen terbaik dalam mengembangkan ekonomi daerah. “Untuk itu, Warta Ekonomi mengadakan acara Indonesia Best BUMD Awards 2021 untuk memberikan penghargaan kepada BUMD terbaik. Tim peneliti Warta Ekonomi menggunakan analisis media monitoring melalui content analysis,“ tutur Fadel.

 

Editor : Abdul Muslim (abdul_muslim@investor.co.id)

Sumber : Investor Daily

BAGIKAN